Menjadi Penulis Penerbit Mayor
RESUME 23
BM 
GELOMBANG 21
Hari /Tanggal ; Rabu
/24 -Nopember-2021
Narasumber; Jolo Irawan
Mampuni
Moderator ; Mr Bams
Narasumber malam ini adalah Bapak Joko Irawan
Mumpuni. Beliau adalah direktur penerbitan di Penerbit Andi, ketua I IKAPI DIY,
seorang penulis buku bersertifikat BNSP dan Asesor BNSP. Berikut profil singkat
beliau yang ditampilkan dalam flyer.
·        
Mengapa
Belum Menulis
Memulai materi Bapak Joko menampilkan gambar
tentang Mengapa nggak segera menulis ? Semua peserta group belajar menulis
gelombang 21 disuruh menunjukkan posisi peserta ada di tangga nomor berapa
terkait dengan tulis menulis buku ?
Membaca tangga tersebut sepertinya saya berada di tangga I’ll Try To Do It hehehe…masih jauh untuk menaiki tangga teratas. Tapi insya Allah setidaknya saya sudah memiliki kemauan untuk belajar menulis dari mengikuti Group BM 21 ini.
·        
Mulai Menulis dan
Apa Buku yang Ditulis
Seseorang
yang sudah memiliki kemauan untuk menulis akan memasuki tahap selanjutnya yaitu
kapan mulai menulis dan buku apa yang akan ditulis. Bapak Joko penulis
pemula untuk jangan asal menulis karena naskah buku yang tidak menarik akan
ditolak oleh penerbit walikota. Penerbit mayor adalah sebuah perusahaan
besar yang sangat memperhatikan naskah buku yang akan diterbitkan. Berikut
adalah gambar besar penerbitan industri buku.
Waduh rumit sekali ternyata dunia penerbitan
buku itu, semakin rumitnya akhirnya disederhanakan menjadi empat tahapan utama
4 pihak utama yaitu Penerbit, Penyalur, Pembaca dan Penulis.
Berikut ditampilkan bagaimana proses buku
dimulai dari naskah buku sampai ke tangan pembaca. Proses ini hanya harus
dipahami oleh penerbit, jadi sebagai penulis hanya sekedar tahu informasi saja,
tanpa harus membayangkan prosesnya.
· Apabila Penulis Peroleh di Penerbit Mayor
Ada empat hal yang akan diperoleh oleh penulis jika naskah
bukunya diterbitkan di penerbit walikota antara lain :
1)         Kepuasaan
Buku sebagai karya monumental yang akan dikenang sepanjang masa
oleh anak cucu akan memberikan kepuasan batin yang tidak ternilai
2)         Reputasi
Buku sebagai karya yang sudah terpublikasi di toko buku akan
meningkatkan reputasi penulisnya. Terbitnya buku dan dipajang di toko buku
terkenal akan membuat penulis dikenal oleh bnayk orang.
3)         Karir
Adanya kebutuhan peningkatan status jabatan dan peluang karir di
institusi atau perusahaan.
4)         Uang
Royalti, diskon pembelian langsung dan seminar / mengajar akan
diterima penulis buku secara langsung.
·        
Proses Kreatif
Penulisan Buku
Penulis sebelum membuat naskah buku harus
memperhatikan tema yang menarik untuk dibuat dengan memperhatikan pasaran saat
ini disukai dan diminati oleh pembaca. menentukan pembaca menjadi salah
satu syarat untuk menulis buku sehingga buku yang ditulis akan laku di pasaran.
·        
Kriteria
Naskah Diterima Penerbit
Penerbit memiliki kriteria untuk memutuskan apakah suatu naskah
akan diterima dan diterbitkan dengan memperhatikan komposisi bobot penilaian
sebagai berikut :
·        
Syarat Naskah
Diterima Penerbit Mayor 
Sebuah naskah akan diterima oleh penerbit
apabila memperhatikan tema – tema di bawah ini : tema tak populer penulis populer,
tema dan penulis populer, tema dan penulis tak populer dan tema populer penulis
populer. Salah satu cara untuk menentukan apakah nama penulisnya punya
nilai jual atau biasanya tidak biasanya penerbit akan cek CV dari penulis
tersebut kemudian mengkonfirmasi dengan data Google Cendekia, akun sosmednya
berapa pengikutnya, berapa jumlah temannanya, berapa jumlah pelanggannya.
Mencari tema – tema tulisan yang populer atau
sedang ngetrend diburu oleh para calon pembaca dapat diuji dengan Google Trend
seperti contoh berikut dengan tema “Guru Penggerak”. Saya memilih tema ini karena sekolah yang saya ampu termasuk salah satu
guru penggerak di Kepualaun Bangka Belitung. Dilihat dari grafik dapat
dilihat minat tentang tema guru penggerak yang sangat diminati saat ini.
·        
Bagaimana  Cetak Buku
Penulis sering bertanya ”berapa oplah cetak
buku tersebut”? tergantung dari apakah tema buku itu memiliki daur hidup
yang panjang atau pendek, apakah tema buku tersebut memiliki pasar yang
lebar? Yang paling besar oplahnya (jumlah cetakan cetakan) adalah bila
memiliki tema dengan daur hidup panjang serta memiliki pasar yang luas,
sehingga dapat digambarkan dengan kwadran seperti ini :
·        
Format Buku Yang
Sering Dibeli
Format kini konten buku tema buku sudah harus
disesuaikan dengan perkembangan pemasaran yang baru yaitu Marketing 5.0. Pembaca
akan lebih menyukai pembelian secara online daripada di toko buku. Pergeseran
pembaca ini akan mempengaruhi tema – tema apa saja yang diminati dan laku.
Saran Bapak Joko jika ingin naskah buku
diterbitkan di penerbit Andi secara cepat adalah dengan mengikuti program untuk
menulis buku dalam dua minggu yang dimentori dan Dibantu dengan Prof Dr Eko
Indrajit. 
Ini lah kata yang dikatak atau pepatah seperti
dibawa ,yang menyamakati untuk saya sebagai peserta pelatihan di BM  Gelombang 21 ini ,dan kita harus semangat
untuk menulis.
Akhir
kata, belajar terus, seterusnya menulis kata -kata yang di  dapatkan pada malam ini ,dan tambah
semangat.Saya yakin dengan usah yang lakukan dengan  semangat akan membuatkan dari kerja yang
proposional dan cerdas .insalloh akan membuahkan hasil yang memuaskan . dengan
sering membuat dari pertemuan- yang ada di pelatihan menulis ini akan membuatkan
buku solo saya .terima kasih   Pak Joko Irawan  mampuni 
ilmu yang sangat berguna bagi 
saya .
Rusmana ST MM M.Si dari
SMKN 5 jakarta








Semangat pak
BalasHapus