Pemasaran Buku
RESUME 21
Bm  .Gelombang 21
Hari/Tanggal  19 – Nopember-2021
Nara Sumber ;Agus
Subardana MM
Moderator ; Aa
Nurhasanah 
Materi ; Pemasaran Buku
BIODATA
Strategi pemasaran buku yg telah kami petakan menjadi
2 yaitu 
1. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )
2. Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Of
line)
·        
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita
harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-           Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
-           Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
-           Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-           Menaikan
penjualan dan profit 
-           Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
-           Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
-           Mengubah
tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi
dan pendapat konsumen.
§  Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
§         Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
·        
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
-           Menguasai display buku , supaya
tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-           Mengadakan promosi di internal toko
dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-           Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan
potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
-           Mengadakan event tematik sesuai
moment bulan berjalan (program Ramadhan, 
Program TAB, Program TAM , dll )
-           Dan masih banyak lagi program promosi
di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive
komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
Salah
satu contoh display buku  di took
                                Contoh Promo
yang sedang berlangsung di gramedia saat ini
.  Strategi
Pemasaran dengan Directselling 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku
penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu
:
-            Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran
Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
-           Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-           Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka
kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) . 
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri
tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
-           Kunjungan
langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro
umum dll.
-           Kunjungan
langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi 
untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para
Rektor .
-           Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung
tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik
dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya
hasil penjualan buku dapat meningkat.
Jika sudah menentukan
jenis naskah apa yang akan kamu tulis, penerbit ANDI memiliki beberapa prosedur
dalam proses penulisan dan pengiriman, di antaranya;
1.         Mengetik naskah dengan rapi menggunakan font Times New Roman
(atau sejenisnya) dan font 12 pt.
2.         Panjang naskah tidak kurang lebih dari 150 halaman kertas
A4.
Yang terakhir adalah
memberikan beberapa lampiran berikut saat kamu mengirimkan naskah.
1.         Sinopsis
Pastikan kamu sudah
menulis sinopsis dengan tepat. Sinopsis tidak boleh lebih dari dua halaman dan
sinopsismu harus sudah merangkum isi naskah secara keseluruhan agar penerbit
dapat menangkap garis besar naskah.
2.         Proposal
Tulis proposal singkat
yang menjelaskan alasan dari Penerbit ANDI untuk menerbitkan naskahmu. Proposal
yang kamu tulis harus kurang dari dua halaman.
3.         Data Diri
Cantumkan data dirimu.
Data diri dapat berupa latar belakang, kompetensi yang kamu miliki, maupun
keterlibatanmu dalam suatu keanggotaan atau organisasi tertentu
v  Demikian
yang dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih
banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata kami
sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam
menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak
sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”. 
Maka
dari itu Menulis adalah berjuang , Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang
selama
– lamanya..Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.
"Buku
adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.
Saya
yakin dengan usah yang lakukan dengan 
semangat akan membuatkan dari kerja yang proposional dan cerdas
.insalloh akan membuahkan hasil yang memuaskan . dengan sering membuat dari
pertemuan- yang ada di pelatihan menulis ini akan membuatkan buku solo saya
.terima kasih  Pak Agus Subandana
S.E  MM  ,ilmu yang sangat berguna bagi  saya .
Rusmana ST MM M.Si dari SMKN 5 jakarta


Keren tenan lengkap sampi diskusi tanya jawab ditunggu info terbitkan buku y pak guru
BalasHapusSemangat terus pk rusmana
BalasHapusMantap..Pak.
BalasHapusKeren pak ..
BalasHapus