Resume 28,
Gelombang 21
Hari/tanggal :
Senin , 06 Desember 2021
Narasumber
: Akbar Zainudin
Moderator
: Dail Ma'ruf
Topik
: Teknik Promosi Buku
Biodata
Bapak AKBAR ZAINUDIN, MM. MJW. Seorang trainer dan motivator nasional, pendiri PT. EMJEWE Training & Coaching serta perusahaan penerbitan MJW group. Penulis 13 buku motivasi . Buku terbaru beliau adalah The Power of Man Jadda Wajada. Semacam penyempurnaan dari Man Jadda Wajada seri pertama. Sudah cetakan ke-13 sudah beredar 55.000 eksemplar. Masyaallah luarrrr biasooo!!!
Menurut Pak Akbar , strategi
pemasaran, termasuk buku, terdiri dari empat hal, yang biasa disebut sebagai
4P, yaitu Product (Strategi Produk), Price (Strategi
Harga), Place of Distribution (Distribusi), dan Promotion (Promosi).
Namun perlu diperhatikan bahwa,
sebelum menulis sebaiknya menentukan target audiens atau pembaca kita siapa.
Karena strategi untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan strategi untuk
remaja, demikian juga untuk dewasa/orang tua. Pembaca laki-laki atau perempuan
juga berbeda strategi. Tentukan Target Auidience berdasarkan kebutuhan mereka
tentang buku kita.
PRODUCT (STRATEGI PRODUK)
Sebenarnya lebih banyak menjadi tanggung jawab penerbit. Kita sebagai penulis lebih banyak memberikan masukan kepada penerbit siapa target pembaca kita dan apa kebutuhan mereka terhadap buku kita. konsep buku yang akan diterbitkan nanti menyesuaikan dengan kebutuhan dari target audiens.
PRICE (STRATEGI HARGA)
Menentukan harga buku juga biasanya menjadi tanggung jawab penerbit. Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi. Pertama, adalah harga buku secara umum. Dan Kedua adalah buku dijual dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa). Tipis, hard cover tapi laku.
Harga buku bisa dijual lebih mahal
jika mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Misalnya
hard cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, workshop, dan lain-lain)
Place of Distribution (STRATEGI
DISTRIBUSI)
Distribusi secara umum dibagi menjadi dua: distribusi tradisional dan distribusi non tradisional. Distribusi tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal.
Sedangkan distribusi non
tradisional, di antaranya adalah:
1. Melalui MLM (Multilevel
Marketing)
2. Melalui Penjualan Langsung
3. Melalui Marketplace/e-Commerce
(Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll).
Promotion (STRATEGI PROMOSI)
Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan.
·
1.
Launching buku. Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula,
masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit
maupun penulis. Yang membiayai launching buku siapa? Bisa penerbit, bisa
penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena
itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku.
Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku. Kita bisa memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia.
·
2. Bedah Buku. Bedah buku adalah
acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online
maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan
berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan
sebagainya.
·
3. Melakukan seminar ataupun
workshop sesuai dengan tema buku kita. Kalau saya bukunya motivasi dan menulis.
Maka saya secara berkala menyelenggarakan seminar dan diklat terkait motivasi
dan menulis.
· 4., Membangun komunitas. Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku.
· 5. Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.
· 6. Menjual di marketplace. Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.
·
7. Memanfaatkan media sosial
(Medsos) untuk promosi buku. Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber
dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait
tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita
tulis.
Pak Akbar menuturkan:
"sebagai seorang penulis, sebisa mungkin memiliki beberapa keterampilan yang akan membantu proses penjualan buku."
Ketrampilan Tersebut Meliputi :
Sekarang ini sebagai seorang penulis, kita kalau bisa memiliki beberapa keterampilan yang akan membantu proses penjualan buku.
1. Keterampilan
berbicara yang baik di depan umum (public speaking). Agar pada saat kita ada
acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon
pembaca.
2. Kemampuan
copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu
keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21.
3. Pemanfaatan
teknologi informasi. Bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube, WA,
IG, Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang
seperti itu. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah.
Selengkapnya
bisa kita klik tautan di link youtube berikut ini.
Para
peserta yang hebat dan luar biasa, Saya mengucapkan terima kasih kepada Om Jay
dan panitia yang sudah berkenan mengundang saya untuk belajar bersama Bapak Ibu
tentang straregi promosi buku. Terima kasih juga untuk Moderator yang luar
biasa.
Mohon
izin Saya memperkenalkan diri, nama saya Akbar Zainudin, penulis buku Man Jadda
Wajada. Boleh dibilang, ini adalah buku solo saya yang pertama. Sebelumnya
menulis beberapa buku antologi. Alhamdulillah, buku ini baru cetakan ke-13,
beredar 55.000 eksemplar. Setelah Man Jadda Wajada, saya menulis 15 buku dari
tahun 2010 sampai sekarang.
Buku
saya tentang menulis adalah UKTUB; Panduan Menulis Buku dalam 180 hari. Ini
buku panduan menulis dari A sampai Z. Saya sarank…
Luar Biasa Pak Akbar !!!
Subhanallah,
saya makin kagum dengan kehebatan bapak
fantastis sudah 55.000 eksemplar
Nah ini buku yang
tadi diceritakan panduan menulis dam 3 bulan atau 180 hari
Baik bapak dan Ibu
sekalian kata pepatah : TAK KENAL MAKA TAK SAYANG
mari kita kenal terlebih dahulu sosok nara sumber kita Pak Abar Zainuddin
Akhir
kata, belajar terus, seterusnya menulis kata -kata yang di dapatkan pada malam ini ,dan tambah
semangat.Saya yakin dengan usah yang lakukan dengan semangat akan membuatkan dari kerja yang
proposional dan cerdas .insalloh akan membuahkan hasil yang memuaskan . dengan
sering membuat dari pertemuan- yang ada di pelatihan menulis ini akan
membuatkan buku solo saya .terima kasih
Pak Akbar Zaenudin ilmu yang sangat berguna bagi saya .
Rusmana ST MM M.Si dari SMKN
5 jakarta
Komentar
Posting Komentar