Optimalisasi Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran IPA
Pada hari sabtu tanggal 5-maret 2022 saya langsung ikut
bergabung di wa atau kelas inovasi 1 yang di dapatkan dari wa MB 23/24
kebetulan saya ikut di wa MB kegelombang 21 maka sy ikutan bergabung .walau
dengan terlambat membuat resumenya .
Optimalisasi Pemanfaatan
ICT Dalam Pembelajaran IPA
Pertemuan ke 1 : Hari Jumat,04-03-2022
Judul
: Optimalisasi Pemanfaatan ICT Dalam
Pembelajaran IPA
Narasumber : Mr.Sigit
Suryono,S.Pd.M.Pd (Guru Berprestasi Nasional )
Player Kelas Inovasi Pertemuan
ke 1
Lalu membuka info grup siapa tahu ada info yang penting.
Terutama info dari grup sekolah dan grup pelatiahan menulis 23 dan 24 . Baik di
grup whatsapp atau di Telegram suka banyak info untuk pelatihan. Ternyata benar
sekali dapat info tentang Kelas Inovasi di grup-grup yang sering dikunjungi.
Karena grup tersebut sangat aktif dalam berbagi ilmu. Grup tersebut adalah:
- Grup
Cakrwala Blogger Guru Nasional
- Grup Kelas
Informatika SD
- Grup Guru
Motivator Literasi Digital Bacth 1
- Grup
Menulis Kisah Nyata
Link Youtube Pemateri Mr.Sigit
Tanpa basa-basi lagi
langsung masuk ke grup Kelas Inovasi . Lalu membuka
info di deskripsi grup Kelas Inovasi ternyata sudah di mulai hari Jumat,
04-03-2022. Lonching tanggal 28-02-2022. Alhamdulillah belum terlambat untuk
ikutan belajar. Dalam rangka meningkatkan kompetensi diri/ pengembangan diri.
Biasa yang rajin mengirim player pelatihan atau berbagi link blog milik
pribadi adalah Mr.Wijaya Kusumah sebagai Trainer,Motivator dll.
Riwayat singkat dari
Mr.Sigit beliau adalah seorang guru SMPN 1 Wonosari .
Riwayat singkat Mr.Sigit
Tujuan materi yang disampaikan oleh Mr.Sigit memiliki relevansi
dengan kompetensi guru abad 21. Semakin menyatunya batas antara manusia, mesin,
dan sumber daya lainnya. Teknologi informasi dan komunikasi tidak diragukan
lagi berdampak pada berbagai bidang. Sebagai seorang guru dituntut harus
memiliki kompetensi yang siap menghadapai perubahan.
Guru yang berkarakter dan profesional Teman guru di sekolah Mr.Sigit
UNESCO menyatakan
kerangka Kompetensi ICT guru dapat dikelompokkan ke dalam enam aspek,
yaitu:
- Pemahaman ICT dalam pendidikan
- Kurikulum dan Penilaian
- Pedagogi
- Teknologi Informasi dan
Komunikasi
- Organisasi dan Administrasi
- Pembelajaran Guru Profesional.
Kegiatan di Lab.Komputer Ruang kesiswaan SMPN 1 Wonosari
ICT mendukung reformasi pendidikan yang dapat mempermudah penyampaian pengembangan profesional guru melalui e-pembelajaran dan efisiensi kinerja. Bertepatan dengan masa pandemi guru, dengan sendirinya harus mampu memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran interaktif. Dalam menunjang proses pembelajaran jarak jauh.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa-siswi di sekolah Mr.sigit seperti contoh di bawah ini :
Pemanfaatan HP oleh Siswa
Aplikasi Medsos Usia 7 tahun masuk sekolah,
8 jam
istirahat dan tidur
Guru IPA mengajar ICT Metode STEM oleh Guru Pntar TIK
Siswa-siswi sedang Riset
Metode STEM oleh Guru Pntar TIK Melatih Siswa-Siswi membuat
apliksi sendiri I-Spring+Webto APK
Masih banyak prestasi yang diraih oleh
Mr.Sigit seperti :
Saya yakin dengan usaha yang dilakukan dengan semangat akan membuat diri dari kerja yang proposional dan cerdas.insalloh akan membuahkan hasil yang memuaskan dengan sering membuat dari pertemuan yang ada pada kelas inovasi menjadikan cara mengajar akan menjadikan merdeka belajar sesuai di inginkan baik oleh guru dan siswa .
RUSMANA ST ,MM, M.Si dari SMKN 5 JAKARTA
#Kelas Inovasi
#PGRI Semakin Jaya dan
abadi
#Materi Pertemuan ke
-1
Keren pak Rus..
BalasHapusIya ,terima kasi👍
BalasHapusDiulas secara ringkas, padat, dan berbobot.
BalasHapusOk siap p ajun
BalasHapusLuar biasa ...Mr.Rusmana,Trimks sdh berbagi ,sukses ..
BalasHapus