PENGELOLAAN BLOG KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA
Jumat 27- 4 -2022
Resume ke 9
Kelas inovasi pgri 1
Narasumber ; Dr
Wijaya Kusuma MP.d
Moderator
; Rifatun
Biodata ;
Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd , Lahir di Jakarta, 28
Oktober 1971. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan
Pendidikan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyelesaikan pendidikan S2
pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan
mulai tahun 2014 telah melanjutkan pendidikan ke S3 Program Studi Teknologi
Pendidikan Pascasarjana UNJ. Mohon doanya cepat selesai dan mendapatkan
gelar doktor pendidikan tahun 2021 ini.
Sejak 1992 hingga saat ini berkarier
sebagai pengajar bidang studi TIK/INFORMATIKA di SMP Labschool
Jakarta. Semasa kuliah di IKIP Jakarta aktif di beberapa organisasi,
yaitu: Ketua Umum HMJ Teknik Elektro FPTK IKIP Jakarta, Ketua HMI Komisariat
FPTK IKIP JAKARTA, Ketua Musholla “Al Biruni” FPTK IKIP
JAKARTA, Sekretaris Senat Mahasiswa FPTK IKIP JAKARTA, dan Ketua LP2TK IKIP
JAKARTA Bidang Perangkat Lunak (1994-1996). Juga pernah menjadi Sekertaris
Ikatan Remaja Masjid Al Iman Komplek TNI Angkatan Laut Jatibening Indah, Pondok
Gede, Bekasi (1990).
Pengalaman organisasi lainnya adalah
Sekretaris Alumni Elektro FT-UNJ (2006-2011), Kepala Humas Ikatan Pengembang
Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) Pusat, Sekertaris jenderal Komunitas TIK
dan KKPI (KOGTIK) dan IKATAN GURU TIK PGRI, Pengurus APKS PB PGRI, Penulis
Teraktif Kompasiana.com, Penasehat Komunitas Blogger Bekasi, Mantan Pengurus
Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI), Mantan Penasihat Ikatan Guru Indonesia (IGI)
Wilayah Bekasi, Konsultan pendidikan di beberapa sekolah swasta, Pendiri
Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN), Founder Teacher Writing Camp (TWC),
Founder Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI), dan pernah menjadi Pembina
Redaksi majalah ”Gema” SMP Labschool Jakarta, dan beberapa
sekolah terkenal di Jakarta. Omjay banyak diundang menjadi narasumber untuk
menjadi konten kreator di banyak sekolah dengan disain dan metode pembelajaran
modern di era Revolusi Indutri 4.0. Sekarang ini beliau mengembangkan
website http://gurupenggerakindonesia.com.
Beberapa karya ilmiah yang diterbitkan
untuk tingkat nasional adalah:
Proses Pembelajaran
Internet dalam Meningkatkan Imtak Siswa (2005), Pembelajaran Berbasis ICT di
Kelas Akselerasi dalam meningkatkan Imtak-Iptek secara Terpadu (2006),
Peningkatan Imtak Siswa Berbasis Proses Pembelajaran Word melalui CTL &
Portofolio (2007), Peningkatan Kualitas Pembelajaran Internet di Kelas
Akselerasi dengan metode CTL & Penilaian Portofolio (2007), Menumbuhkan
Kreativitas Menulis Siswa Akselerasi melalui Belajar Mandiri pada Pembuatan
Blog di Internet (2008), Upaya Meningkatkan Minat dan Kreativitas Menulis
Melalui Pengelolaan Blog di Internet (2008), Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
Mengapa Guru Takut Melakukannya? (2008), Mengenal Penelitian Tindakan Kelas
(2008), Yuk Kita Ngeblog! (2009), Guruku Menggapai Bintang (2010), Menjadi
Blogger Handal di Era Global (2010), Internet Sehat Bikin Hebat (2011), Menjadi
Guru Tangguh Berhati Cahaya (2011), Efektifitas Pemanfaatan Blog Sebagai Media
Test Online (2011), Menulislah Setiap Hari & Buktikan Apa yang Terjadi
(2011), dan TIK: Menulis Blog Untuk Pendidikan (2012). Saat ini sudah
menyelesaikan buku terbarunya, Catatan Harian Seorang Guru Blogger (2020), dan
menjadi guru di zaman Edan (2014), Menjadi Blogger Ternama (2017), Melejitkan
Keterampilan Menulis Siswa (2020) sedang meneliti tentang pemanfaatan dan
Manajemen blog untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa (2019-2020). Buku
Berburu Ilmu di negeri Panda yang Lucu (2021), Buku Agar PJJ Tak Lagi
Membosankan (2021), Buku Awas Virus Corona Mengintai Anda (2021), Guru
Penggerak (2021). Sekarang ini sedang fokus menyelesaikan buku terbarunya,
belajar STEAM di negara China dan membacalah setiap hari lalu perhatikan apa
yang terjadi.
Penulis Buku paket TIK kelas 7, 8, dan
9 SMP bersama guru tim TIK Labschool Jakarta yang diterbitkan oleh Penerbit
Rajagrafindo. Alhamdulillah telah banyak dipakai oleh guru TIK SMP di Indonesia
melalui jalur MGMP TIK. Juga penulis buku untuk pembelajaran TIK Yuk Kita
Ngeblog!. Saat ini telah menulis buku Informatika kelas 7, 8. dan 9
SMP. Juga menjadi koordinator untuk penyusunan buku Informatika
SD, SMP, dan SMA. Buku informatika diterbitkan Penerbit Andi Yogyakarta.
Motto Hidup
:Motto Hidup :
Kejujuran Kunci Keberhasilan dan
Kesuksesan. Hobbi: Menulis di blog
Email :
wijayalabs@gmail.com
wijayalabs@yahoo.com
Alamat Rumah: Jl.
Bintan B. 144 Rt. 05/10 Komplek TNI AL Jatibening Indah, Pondok Gede Bekasi
17412. Telepon. 021 8482225, hp/WA. 08159155515
Website : https://www.wijayalabs.com
Blog internet Wijaya
lainnya yang pernah dibuat :
· http://wijayalabs.wordpress.com
· http://wijayalabs.blogspot.com.
· http://omjaylabs.wordpress.com
· http://kompasiana.com/wijayalabs
· http://facebook.com/wijayalabs
· http://twitter.com.com/wijayalabs
Prestasi Ilmiah Guru:
· Juara Kedua Lomba Pidato Nasional Orientasi Jasa
Keuangan (2013)
· Juara III Guru berintegratis Bank Syariah Mandiri
(2012)
· Pemakalah Simposium Nasional Hasil Penelitian dan
Inovasi Pendidikan tingkat nasional 2010 dan 2011 di Balitbang Kemendiknas
(Hotel Bidakara Jakarta tahun 2010, dan Hotel Aston Bali tahun 2011)
· Pemenang kedua Guraru Acer Award 2011 di Jakarta
· Pemenang Pertama Naskah Buku Pengayaan 2009 dari
Pusat Perbukuan Depdiknas dengan judul Yuk Kita Ngeblog!
· Juara Pertama Lomba Blog Tingkat
Nasional dari Pusat Bahasa Depdiknas 2009 di Jakarta
· Finalis Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran
Tingkat Nasional 2008 di Jakarta
· Finalis Inovatif Teacher Tingkat Nasional 2007 di
Jakarta
· Finalis Lomba karya Tulis Pendidikan Luar Biasa
Tingkat Nasional 2006 di Yogyakarta
· Juara I Lomba karya Tulis Imtak Tingkat Nasional
Depdiknas-Depag 2005 di jakarta
· Nara sumber Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di
kemendiknas, dan Kementrian pendidikan agama untuk para guru di Indonesia
· Konsultan manajemen pendidikan dan sudah lebih dari
6 tahun
· Nara sumber Creative Writing di beberapa kampus,
dan telah menerbitkan lebih dari 13 buah buku
· Pemenang III Lomba Inovasi Pembelajaran tingkat
nasional (INOBEL) tahun 2017 di Kuta Bali.
· Guru Paling Ngeblog 2012 di kompasiana.com yang
beritanya ada di http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/18/16364351/Wijaya.Kusumah.Pak.Guru.Paling.Nge-Blog
· Guru yang Suka Menulis dan Ngeblog, dituliskan di
rubrik Sosok Kompas, Rabu, 28 Mei 2013. Beritanya ada di http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/29/09472471/Omjay..Guru.yang.Suka.Menulis.dan.Ngeblog.
· Pemenang ketiga Inovasi Pembelajaran (INOBEL)
bidang SORAK di Kuta Bali tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dirjen GTK
Kemdikbud.
· Juara Kedua Lomba Coding Putekkom Kemdikbud tingkat
Provinsi DKI Jakarta tahun 2019.
Pemenang
Inobel 2017
Setiap
kali memberikan materi pelatihan atau workshop, khususnya Pelatihan guru
menulis dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Omjay selalu mempublikasikannya ke
blog http://kompasiana.com/wijayalabs. Sebuah blog keroyokan miliki http://kompas.com.
youtube,https:
//youtu.be/AIknv4VOUro .
MATERI
·
Rumusan Masalah Penelitian
·
Bagaimanakah pengelolaan blog kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan
menulis siswa?
·
Bagaimanakah
langkah-langkah mengelola blog
di internet?
·
Apakah blog dapat dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa?
·
Blog bisa dikelola untuk
mengumpulkan tugas siswa
SMP Penilaian tulisan siswa
dapat dilakukan guru
secara online Blog dikerjakan oleh siswa dan guru secara
kolaborasi di blog pribadi
·
Semua file
dikompresi lebih kecil
dengan newsletter Siswa dapat
membuat buku digital/antologi dari hasil menulis secara kolaboratif di blog.
·
Blog bisa
diakses dengan ponsel
android sehingga siswa tidak perlu
membuka laptop/PC.
Tindakan
yang dilakukan
Siswa diminta menulis pengalaman tanpa bantuan guru
Siswa diminta menulis pengalaman
dengan bantuan guru TIK dan Bahasa Indonesia
Siswa diminta menulis pengalaman dan Tugas-tugas dengan bantuan guru TIK dan Bahasa Indonesia
Siswa diminta menulis pengalaman dan
Tugas-tugas dengan bantuan guru TIK dan Bahasa Indonesia serta Wali Kelas
Rata-rata nilai Siswa Kelas 8
SIKLUS
2 90,5
SIKLUS
3 93,5
SIKLUS 4 95,5
kesimpulan dari ke 4 analisis data siklus
keterampilan menulis bisa meningkat jika siswa banyak berlatih menulis, banyak membaca buku, mengetahui manfaat blog, dan adanya motivasi dari guru secara terus menerus. Semua itu disebabkan karena siswa sudah dapat menjadi pendengar yang baik pada saat guru menjelaskan proses pengelolaan blog secara kolaboratif.bahwa diperlukan sebuah
keterampilan menulis yang enak dibaca dan bermanfaat buat yang membacanya.
Selain itu, hasil temuan ini menunjukkan bahwa fasilitas atau sarana prasarana
yang mendukung lengkap dengan komputer akses internet cepat, tidak serta merta
menjamin siswa mampu meningkatkan keterampilan menulisnya.
KESIMPULAN
Kesimpulan
dari penelitian disertasi ini adalah
blog dapat terkelola
secara kolaboratif dengan baik, bila siswa
memahami pentingnya blog sebagai media pembelajaran. juga
guru menjadi peran penting
dalam menjelaskan pengelolaan blog secara
kolaboratif
dan motivator siswa.
Untuk
meningkatkan keterampilan menulis siswa,
guru harus mampu mengajak siswa untuk senang menulis dari
apa yang disukai
dan kuasainya.
Dari hasil pelatihan ini saya mendapat kan ilmu yang di berikan oleh narasumber om jay ,dan untuk proses di atas sudah pernah dilakukan dan betul ,untuk semua proses diatas adalah kerja sama di semua pihak di sekolah yang kita bertugas.
Saya sangat setuju dan betul dari materi bisa kita praktekkan langsung dalam diri kita tentu dalam proses belajar dan belajar .hal ini menurut saya sungguh ada epik atau hasil yang positif untuk di buktikan pada diri sendiri dan dalam dunia jejak di gital .
materinya sangat komplit pak, mantap
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKeren...tulisannya sangat menginspirasi kita. Semangat sampai final ,Aamiin Ya Robalalamin 🙏👍👍👍👍👍
BalasHapus