Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila Melalui STEAM
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Resume ke 14
kelas inovasi 1 PGRI
JUMAT 17- JUNI-2022
Player Pertemuan Ke 14 Di Grup Kelas Inovasi Gel.1
Pada Hari Jumat,17-06-2022 merupakan pertemuan ke 14 di grup "Kelas Inovasi Gelombang ke 1". Mr.Fajar Trilaksono membagikan player pada hari Jumat,17-06-2022 pukul 14.04. dan link zoom metting. Beliau sangat rajin sekali dalam berbagi info dan ilmunya kepada kita. Narasumber adalah Mr.Hardani,M.Pd dan sebagai moderator Bunda Leny Priska
Kelas Inovasi IGTIK PGRI is inviting you to a scheduled Zoom meeting.
Topic: Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui STEM
( saya hanya ikut Live Streaming saja ijin ada keperluan keluarg )
CV Mr.Hardani,M.Pd
Beliau merupakan guru SDN Tambegan Bangkalan Jawa Timur ,mengajar kelas 5 SD. Dinobatkan sebagai Guru Ispiratif tahun 2020
Materi yang dipaparkan oleh Mr.Hardani,M.Pd
Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila melalui STEM-STEAM di SD
Projek penguatan profil pelajar pancasila
Definisi adalah
Projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat / permasalahan di lingkungan sekolah untuk menguatkan kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila Definis (Kemdikbudristek, 2021
1. Holistik: utuh dan menyeluruh koneksi yang bermakna antarkomponen dalam pelaksanaan projek Kemdikbudristek, 2021)
2. Kontekstual: kegiatan pembelajaran di dasarkan pada konteks nyata sehari-hari untuk memberikan pengalaman bermakna
3. Berpusat pada murid: pembelajaran yang mendorong murid untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri
4. Eksploratif: projek memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi, waktu, dan tujuan pembelajaran.
STEM-STEAM Pendekatan dalam pendidikan yang mengintegrasikan disiplin Sains, Teknologi, Engineering, Matematika (Art) melalui proses pembelajaran yang bermakna dengan dengan aktivitas merancang, membangun solusi untuk memecahkan masalah melalui Engineering Design Process. (English, 2016; Jolly, 2017; Kennedy & Odell, 2014; Roberts, & Cantu, 2012; Sanders, 2009).
Engineering Design Process Langkah atau tahapan berulang yang sering dilakukan Insinyur secara teratur bolakbalik untuk membuat solusi dalam menyelesaikan masalah (Jolly, 2017 ).
Tema Projek P5 Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.
Implementasinya
Demikianlah paparan materi dari Nasumber Mr.Hardani.M.Pd. Semoga bermanfaat bagi pengunjung blogger bagi saya Salam sehat dan sukses...
Saya yakin dengan usaha yang dilakukan dengan semangat akan membuat diri dari kerja yang cerdas insalloh akan membuahkan hasil yang memuasakan dengan sering membuat atau mengikuti kelas inovasi PGRI 1 cara mengajar akan menjadikan merdeka belajar sesuai di inginkan baik oleh guru dan siswa dan inspirasi Bapak Mr.Hardani.M.Pd..
Di usia 5 tahun Ayahnya meninggal Di usia 16 tahun dia berhenti bersekolah Di usia 17 dia sudah dipecat 4 kali dari pekerjaan Di usia 18 dia menikah Di usia 18 - 22 dia menjadi konduktor dan gagal Lalu ikutan militer dan dikeluarkan Lalu mencoba tes masuk fakultas hukum dan lagi lagi gagal DI usia 19 dia menjadi ayah Di usia 20 istrinya meninggalkannya dan mengajak serta putri nya yg masih bayi Dia bekerja di cafe kecil sebagai tukang cuci piring dan tukang masak DIa mencoba mengambil lagi putrinya dari istrinya yg pergi meninggalkannya dan akhirnya berhasil meyakinkan istrinya untuk kembali pulang Di usia 65 tahun dia pensiun dari pekerjaan Dan di hari pertama menjadi pensiunan, dia mendapat cek dari pemerintah senilai 105 dollar Dia merasa pemerintah pun menganggap dia tidak bisa membiayai hidupnya sehingga harus memberi tunjangan hari tua Dia memutuskan untuk melakukan percobaan bunuh diri , karena merasa selama 65 tahun hidup , dia selalu menjadi orang gagal di bidang apapun ...
Kiat Pembelajaran Seumur hidup pertama ,belajar dari buku .usahakan membaca buku dalam bidang kita paling sedikit 30 sampai 60 menit tiap hari.Membaca bagi otak adalah seperti olah raga bagi tubuh .Membaca Selama satu jam setiap hari akan menjadi satu buku perminggu.Satu buku perminggu.Satu buku perminggu akan menjadi 50 buku pertahun .Lima puluh buku pertahun akan menjadi 500 buku dalam 10 tahun yang akan datang. Kedua ,belajar dengan audiovisual .Dengarkan kaset-kaset pengembangan diri dan lagu - lagu yang memotivasi di kendaraan ketika sedang dalam perjalanan.Rata - rata orang duduk di kendaraan 500 sampai 1000 jam pertahun.ini sama dengan satu sampai dua semester penuh di universitas Kita dapat mengubah kendaraan kita menjadi mesin belajar,menjadi universitas berjalan.jadi jangan pernah naik kendaraan tanpa mendengarkan kaset atau CD pengembangan diri. Banyak orang telah menjadi jutawan melalui ke ajaibann mendengarkan kaset dan CD.itulah sebabnya mengapa belajar...
Rabu 29 -juni-2022 Hari ke 20 tantangan menulis tiap hari di boger. 4.1.4.Cerita Anak Buku Anak – Siapa bilang menulis buku anak atau buku cerita anak itu susah? Pasti yang mengatakannya nggak pernah mencoba untuk melakukannya. Menulis buku anak itu tidak susah, tetapi mengasyikkan. Mengapa? Penyebab utamanya adalah karena setiap orang pasti mengalami masa kanak-kanak. Nah, dalam masa-masa tersebut, pasti terjadi berbagai kejadian: lucu menyedihkan hingga memalukan. Secara tidak sadar, seharusnya kamu bisa menjadikan pengalaman saat kanak-kanak tersebut sebagai ide dalam membuat cerita anak. Dengan kata lain, sebenarnya cerita anak adalah sesuatu yang lekat, dekat , dan akrab denganmu. Walaupun …. tentu saja, ketika hendak menulis cerita anak, kamu juga tak bisa sembarangan dalam membuatnya. Mengapa? Karena memang ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apa sajakah itu? Ini dia: ...
Komentar
Posting Komentar