Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila Melalui STEAM

 Resume ke 14

kelas inovasi 1 PGRI 
JUMAT 17- JUNI-2022



Player Pertemuan Ke 14 Di Grup Kelas Inovasi Gel.1

Pada Hari Jumat,17-06-2022 merupakan pertemuan ke 14 di grup "Kelas Inovasi Gelombang ke 1". Mr.Fajar Trilaksono membagikan player pada hari Jumat,17-06-2022 pukul 14.04. dan link zoom metting. Beliau sangat rajin sekali dalam berbagi info dan ilmunya kepada kita. Narasumber  adalah Mr.Hardani,M.Pd dan sebagai moderator Bunda Leny Priska

 Kelas Inovasi IGTIK PGRI is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

 Topic: Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui STEM

Time: Jumat, 17 Juni 2022 pukul 19:30 WIB

 Join Zoom Meeting 

https://zoom.us/j/96915471014? pwd=Z2ZxRlp0Y1pYa0ZFcklKSjVKN09Vdz09

Meeting ID: 969 1547 1014

Passcode: PGRI

 Live Streaming on Youtube https://youtu.be/HoR-yIV2O1k 

( saya hanya ikut Live Streaming saja ijin ada keperluan keluarg )



CV Mr.Hardani,M.Pd



Beliau merupakan guru SDN Tambegan Bangkalan Jawa Timur ,mengajar kelas 5 SD. Dinobatkan sebagai Guru Ispiratif tahun 2020


Materi yang dipaparkan oleh 
Mr.Hardani,M.Pd

Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila melalui STEM-STEAM di SD



Projek penguatan profil pelajar pancasila

Definisi adalah 
Projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat / permasalahan di lingkungan sekolah untuk menguatkan kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila Definis (Kemdikbudristek, 2021

1. Holistik: utuh dan menyeluruh koneksi yang bermakna antarkomponen dalam pelaksanaan projek Kemdikbudristek, 2021) 

2. Kontekstual: kegiatan pembelajaran di dasarkan pada konteks nyata sehari-hari untuk memberikan pengalaman bermakna 

3. Berpusat pada murid: pembelajaran yang mendorong murid untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri 

4. Eksploratif: projek memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi, waktu, dan tujuan pembelajaran.





STEM-STEAM Pendekatan dalam pendidikan yang mengintegrasikan disiplin Sains, Teknologi, Engineering, Matematika (Art) melalui proses pembelajaran yang bermakna dengan dengan aktivitas merancang, membangun solusi untuk memecahkan masalah melalui Engineering Design Process. (English, 2016; Jolly, 2017; Kennedy & Odell, 2014; Roberts, & Cantu, 2012; Sanders, 2009).

Engineering Design Process Langkah atau tahapan berulang yang sering dilakukan Insinyur secara teratur bolakbalik untuk membuat solusi dalam menyelesaikan masalah (Jolly, 2017 ).



Tema Projek P5 Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.


Implementasinya
































Demikianlah paparan materi dari Nasumber Mr.Hardani.M.Pd. Semoga bermanfaat bagi pengunjung blogger  bagi saya  Salam sehat dan sukses...



Saya yakin dengan usaha yang dilakukan dengan semangat akan membuat diri dari kerja yang cerdas insalloh akan membuahkan hasil yang memuasakan dengan sering membuat atau mengikuti kelas inovasi  PGRI 1 cara mengajar akan menjadikan merdeka belajar sesuai di inginkan baik oleh guru dan siswa dan inspirasi Bapak Mr.Hardani.M.Pd..


RUSMANA ST.MM, M.Si  dari SMKN 5 JAKARTA

  #  KELAS INOVASI   PGRI 1

  # PGRI  SEMAKIN JAYA DAN ABADI

  # MATERI KE 14







Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.