Inovasi Belajar Merdeka dan medeka menagar.
Membuat Materi atau Buku bahan ajar.
Hari ke 17 febuari ceria.
Rusmana ST MM MSi
Tahap 1 Backward Design
dalam CP, TP, dan ATP
Keinginan pelaku membuat buku dalam
analogi perjalanan tadi ibaratnya adalah rumusan
CP. Ternyata, ada banyak hal yang perlu dipahami dan diidentifikasi di
dalam sebuah kalimat CP. Setelah tujuan (membuat buku) diidentifikasi lebih
detail, pelaku perjalanan dapat membuat daftar kota tujuan dan kuliner yang
akan didokumentasikan (merumuskan TP),
serta lini masa dan rencana perjalanannya (merangkai
ATP).
Demikian pula dengan Bapak/Ibu Guru. Pemahaman dan identifikasi yang tepat atas sebuah CP akan sangat membantu
proses perumusan kalimat TP dan merangkai TP menjadi ATP.
Bagaimana cara memahami sebuah CP? Ingat kembali penjelasan dan latihan
yang sudah Bapak/Ibu lakukan
di modul sebelumnya ya.
Tahap 1: Identifikasi Hasil yang
Diinginkan
Pertanyaan untuk mengidentifikasi hasil yang diinginkan
Apa yang perlu didengar,
dibaca, dilihat, dijelajahi, atau ditemukan oleh peserta?
1.
Pengetahuan dan keterampilan
apa yang perlu dikuasai
peserta?
2.
Apa ide-ide besar dan pemahaman penting yang harus
dipertahankan peserta setelah
mengikuti pembelajaran?elajaran yang
konkret
dan spesifik
Satuan Pendidikan
dapat mengembangkan Kurikulum
Operasional secara mandiri
berdasarkan kerangka dan struktur kurikulum sesuai karakteristik dan kebutuhan masing-masing.Apa
visi/misi sekolh Anda? Bagaimana karakteristik sekolah
Anda?
Adakah kebutuhan spesifik siswa/i
di sekolah Anda?
• an konten ter
Pendidik dan satuan pendidikan dapat
menggunakan berbagai strategi dan pendekatan
untuk menyusun tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP).Yang harus diperhatikan, TP dan ATP harus memenuhi kriteria-kriteria ini.
Tujuan Pembelajaran (TP),
terdiri dari:
1.
Kompetensi → kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
dapat didemonstrasikan peserta didik
2. Konten → ilmu pengetahuan inti / konsep utama
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1.
Menggambarkan urutan pengembangan kompetensiyang harus dikuasai
2.
ATP dalam 1 fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear
3 .ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan
dan tahapan pembelajaran antarfase
#Febuari ceria PGRI
# PGRI semakin jaya dan Abadi.
# Hari ke Tujuh belas
Komentar
Posting Komentar