Inovasi Belajar Merdeka Dan Merdeka Mengajar

 Membuat Modul

  Hari ke 18 febuari ceria.

 Rusmana ST MM MSi

 Apa yang dimaksud dengan Modul Ajar?

Modul Ajar merupakan salah satu perangkat ajar yang digunakan untuk merencanakan pembelajaran. Modul ajar sama seperti RPP, namun modul ajar memiliki komponen yang lebih lengkap.

Modul ajar adalah sebuah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik peserta didik

 Komponen Modul Ajar

o Fase capaian modul ajar

o Jumlah jam pelajaran

o Model belajar

o Tujuan Pembelajaran

o Dimensi Pancasila

o Pengetahuan/Keterampilan 

Prasayarat
KOMPONEN DETAIL MODUL AJAR PER PERTEMUAN 

o Bahan ajar

o Pemahaman Bermakna

o Pertanyaan pemantik

o Indikator keberhasilan

o Asesmen

o Sarana dan prasarana

o Rencana kegiatan

LAMPIRAN


o  Lembar aktivitas

o  Rubrik penilaian

o  Bahan ajar lain yang

relevan

 Struktur modul ajar tersebut bukan struktur wajib yang semuanya harus dilampirkan dalam modul ajar yang dibuat/dimodifikasi. Guru diperbolehkan untuk memilih/menyederhanakan beberapa komponen utama untuk dicantumakan dalam modul ajar sesuai dengan kebutuhan di kelas masing-masing

       Komponen Modul Ajar Wajib
Alur tujuan pembelajaran menjadi dasar bagi pendidik untuk menyusun perencanaan pembelajaran atau modul ajar. Pendidik memiliki keleluasaan untuk mengembangkan modul ajar sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

 Secara umum modul ajar memiliki tiga komponen utama yaitu:

1.   Tujuan Pembelajaran

2.   Langkah-langkah Pembelajaran atau Kegiatan Pembelajaran

3.   Asesmen Pembelajaran.

 Pendidik diperbolehkan apabila ingin mengembangkan modul ajar dengan komponen-komponen tambahan di luar komponen wajib.

Acuan Teknik Modifikasi Modul Ajar

1.                  Menetapkan tujuan belajar berdasarkan CP dan ATP sesuai karakteristik murid, kurikulum; dan profil pelajar Pancasila.

2.                  Menyusun desain pembelajaran; melaksanakan; dan merefleksikan kegiatan pembelajaran yang efektif.

3.                  Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistic.

4.                  Pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra

5.                  Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan


#Febuari ceria PGRI

# PGRI semakin jaya dan Abadi.

# Hari ke Delapan  belas





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.