Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengtajar.

Sub judul :  pembuatan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran )

Hari ke 10 .febuari ceria.

Rusmana ST MM MSi


Tahap 1 Backward Design dalam CP, TP, dan ATP

Keinginan pelaku membuat buku dalam analogi perjalanan tadi ibaratnya adalah rumusan CP. Ternyata, ada banyak hal yang perlu dipahami dan diidentifikasi di dalam sebuah kalimat CP. Setelah tujuan (membuat buku) diidentifikasi lebih detail, pelaku perjalanan dapat membuat daftar kota tujuan dan kuliner yang akan didokumentasikan (merumuskan TP), serta lini masa dan rencana perjalanannya (merangkai ATP).

Demikian pula dengan Bapak/Ibu Guru. Pemahaman dan identifikasi yang tepat atas sebuah CP akan sangat membantu proses perumusan kalimat TP dan merangkai TP menjadi ATP.

Bagaimana cara memahami sebuah CP? Ingat kembali penjelasan dan latihan

yang sudah Bapak/Ibu lakukan di modul sebelumnya ya.

Tahap 1: Identifikasi Hasil yang Diinginkan
Pertanyaan untuk mengidentifikasi hasil yang diinginkan

Apa yang perlu didengar, dibaca, dilihat, dijelajahi, atau ditemukan oleh peserta?

1.     Pengetahuan dan keterampilan apa yang perlu dikuasai

peserta?

2.     Apa ide-ide besar dan pemahaman penting yang harus

dipertahankan peserta setelah mengikuti pembelajaran?


Satuan Pendidikan dapat  mengembangkan Kurikulum Operasional secara mandiri berdasarkan kerangka dan struktur kurikulum sesuai karakteristik dan kebutuhan masing-masing.Apa visi/misi sekolh Anda? Bagaimana karakteristik sekolah Anda?

                               Adakah kebutuhan spesifik siswa/i di sekolah Anda?

   

Pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi dan pendekatan untuk menyusun tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP).Yang harus diperhatikan, TP dan ATP harus memenuhi kriteria-kriteria ini.

Tujuan Pembelajaran (TP), terdiri dari:

1.              Kompetensi kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan peserta didik

2.              Konten ilmu pengetahuan inti / konsep utama

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1.        Menggambarkan urutan pengembangan kompetensiyang harus dikuasai

2.             ATP dalam 1 fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear

3    .ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antarfase

# Febuari ceria PGRI

# PGRI semakin jaya dan Abadi.

# Hari ke sepuluh .






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.