Inovasi Merdeka belajar dan Merdeka mengajar
Sub judul : Lanjutan pembuatan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran )
Hari ke 12 .febuari ceria.
Rusmana ST MM MSi
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
1.
Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi
yang harus dikuasai
2.
ATP dalam 1 fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear
3.
ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan
dan
tahapan
pembelajaran antarfase
1. 1. Rumusan TP mengacu pada kompetensi dan konten pada CP
2.
Rumusan kalimat TP
dapat mengambil referensi dari berbagai sumber
→ catatan penting: KepSek/Guru mampu memahami kalimat tersebut.
3. 3 Identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dapat terkait dengan kompetensi yang ingin di capai.
Latihan untuk jenjang (
SD )
Bidang Studi:
IPAS
Di
akhir fase A, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindera, menyusun dan menjawab pertanyaan tentang hal- hal yang
ingin diketahui saat melakukan pengamatan. Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di
lingkungan sekitar. Dengan panduan, peserta didik berpartisipasi dalam
penyelidikan untuk mengeksplorasi dan
menjawab pertanyaan. Melakukan pengukuran dengan alat sederhana yang ada di
sekitarnya untuk mendapatkan data. Selanjutnya
peserta didik menggunakan berbagai
metode untuk mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan dan
membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi.
Dengan
panduan, peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu
pada teori serta mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam format sederhana.
Sila Bapak/Ibu
menuliskan hal-hal berikut di
kertas/word laptop masing-masing:
1.
Daftar konten/topik materi yang terkandung dalam kalimat CP tadi.
2.
Daftar kompetensi/keterampilan/kemampuan yang perlu dicapai siswa pada akhir fase,
merujuk kalimat CP tadi.
3.
Kata/frasa yang perlu Guru perhatikan secara khusus (bila
ada, di luar konten dan kompetensi)
Bidang Studi:
IPAS
Di akhir fase A, peserta
didik mengamati fenomena
dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindera, menyusun dan menjawab pertanyaan tentang hal-
hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan. Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Dengan panduan,
peserta didik berpartisipasi dalam penyelidikan
untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan. Melakukan pengukuran dengan alat sederhana yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan data. Selanjutnya peserta didik
menggunakan berbagai metode untuk mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan dan membandingkan antara hasil
pengamatan dengan prediksi.
Dengan panduan, peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu pada teori serta mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam format sederhana
Alur pembelajaran dari rumus kalimat TP
1. peserta didik mengamati berbagai kegiatan yang dilakukan di daerahnya pada siang hari dan malam hari.
2. peserta
didik mengorganisasi data dari hasil pengamatan.
3 peserta didik menyusun
pertanyaan dan melakukan penyelidikan, bisakah
rangkaian kegiatan itu dilakukan di waktu yang berbeda?
4. peserta didik mendiskusikan hasil amatan dan menyajikan hasil diskusi lewat media gambar.
5 peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya secara lisan
Febuari ceria PGRI
# PGRI semakin jaya dan Abadi.
# Hari ke duabelas.
Komentar
Posting Komentar