Inovasi Merdeka belajar dan Merdeka mengajar

 Sub judul :  Lanjutan pembuatan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran )

Hari ke 12 .febuari ceria.

Rusmana ST MM MSi

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)                                                                                                                                                       

1.             Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi

yang harus dikuasai

2.             ATP dalam 1 fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear

3.             ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan

tahapan pembelajaran antarfase

 

1.                                              1.   Rumusan TP mengacu pada kompetensi dan konten pada CP

2.            Rumusan kalimat TP dapat mengambil referensi dari berbagai sumber → catatan penting: KepSek/Guru mampu memahami kalimat tersebut.

3.                                                        3       Identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dapat                                                     terkait   dengan kompetensi yang ingin di capai.                      

Latihan untuk jenjang ( SD )

Bidang Studi: IPAS

Di akhir fase A, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindera, menyusun dan menjawab pertanyaan tentang hal- hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan. Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Dengan panduan, peserta didik berpartisipasi dalam penyelidikan untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan. Melakukan pengukuran dengan alat sederhana yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan data. Selanjutnya peserta didik menggunakan berbagai metode untuk mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan dan membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi.

Dengan panduan, peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu pada teori serta mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam format sederhana.

Sila Bapak/Ibu menuliskan hal-hal berikut di kertas/word laptop masing-masing:

 

1.         Daftar konten/topik materi yang terkandung dalam kalimat CP tadi.

2.         Daftar kompetensi/keterampilan/kemampuan yang perlu dicapai siswa pada akhir fase, merujuk kalimat CP tadi.

3.         Kata/frasa yang perlu Guru perhatikan secara khusus (bila ada, di luar konten dan kompetensi)

Bidang Studi: IPAS

Di akhir fase A, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindera, menyusun dan menjawab pertanyaan tentang hal- hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan. Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Dengan  panduan, peserta didik berpartisipasi dalam penyelidikan untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan. Melakukan pengukuran dengan alat sederhana yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan data. Selanjutnya peserta didik menggunakan berbagai metode untuk mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan dan membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi.

Dengan panduan, peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu pada teori serta mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan  dan tertulis dalam format sederhana

Alur pembelajaran dari rumus kalimat TP

1.            peserta didik mengamati berbagai kegiatan yang dilakukan di daerahnya pada siang            hari dan malam hari.

     2.         peserta didik mengorganisasi data dari hasil pengamatan.

     3           peserta didik menyusun pertanyaan dan melakukan penyelidikan, bisakah rangkaian kegiatan itu dilakukan di waktu yang berbeda?


    4.          peserta didik mendiskusikan hasil amatan dan menyajikan hasil diskusi lewat media gambar.


    5      peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya secara lisan



 Febuari ceria PGRI

# PGRI semakin jaya dan Abadi.

# Hari ke duabelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.