Inovasi Merdeka Belajar Dan Merdeka Mengajar.

Contoh atau Latihan  Penyusunan Pembuatan ATP

 Modul febuari ceria PGRI ke 23

 Rusmana ST MM M.Si 



Contoh matematika smk x

PENYUSUNAN ATP

Tujuan Pembelajaran

 

Ø  Peserta memiliki keterampilan untuk membuat tujuan pembelajaran (TP) sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) yang telah dipilih

Ø  Peserta memiliki keterampilan untuk membuat alur tujuan pembelajaran (ATP) sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) yang telah dipilih

Ø  Peserta menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pengembangan CP menjadi ATP

 

 

   Petunjuk Penggunaan

 

PANDUAN PENUGASAN AWAL

BIMTEK PENGUATAN KONSEP DIFERENSIASI PEMBELAJARAN

 

Tuliskan Fase CP yang ingin dipilih

FASE E

Tuliskan Elemen CP yang ingin dipilih

Geometri

Tuliskan CP yang ingin dipilih untuk diturunkan menjadi ATP.

Di akhir fase E,     peserta didik dapat menentukan perbandingan

trigonometri dan memecahkan masalah yang melibatkan segitiga siku-siku.

Tuliskan kompetensi-kompetensi yang terdapat dalam capaian pembelajaran yang telah dipilih

  1. Menentukan
  2. Memecahkan masalah

Tuliskan lingkup materi yang terdapat dalam capaian pembelajaran yang telah dipilih

  1. Perbandingan Trigonometri
  2. Nilai Perbandingan Trigonometri Untuk Sudut-sudut Istimewa
  3. Rumus Perbandingan Trigonometri Sudut Berelasi

Pilihlah satu taksonomi di bawah ini yang akan digunakan yang sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah dipilih

  1. Taksonomi Anderson dan Krathwohl
  2. Taksonomi Tighe & Wiggins
  3. Taksonomi Marzano

Berikan alasan mengapa memilih taksnomi tersebut

Alasan memilih taksonomi dan krathwohl karena diharapkan peserta didik dapat mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan pemahaman materi sesuai dengan yang mereka pahami dengan bahasanya sendiri.

 

Pilihlah satu metode pengurutan di bawah ini yang akan digunakan sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah dipilih

  1. Pengurutan dari konkret ke abstrak
  2. Pengurutan deduktif
  3. Pengurutan dari mudah ke sulit
  4. Pengurutan hierarki
  5. Pengurutan prosedural
  6. Scaffolding

 

Berikan alasan mengapa menggunakan metode pengurutan tersebut

Menggunakan metode Pengurutan dari konkret ke abstrak karena peserta didik setelah memahami konsep materi trionometri dapat menerapakan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Tuliskan tujuan pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang dipilih dengan memperhatikan urutan sesuai dengan metode pengurutan yang sudah diberikan

1.    Siswa mampu menentukan dengan teliti panjang sisi sebuah segitiga siku-siku dan besar sudut salah satu segitiga siku-siku secara mandiri dengan benar

2.    Siswa mampu menentukan dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku jika satu nilai perbandingan trigonometri yang lainnya diketahui secara mandiri dengan benar

3.    Siswa mampu menghitung dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa secara mandiri dengan  benar

4.    Siswa mampu merancang solusi untuk menghitung ketinggian suatu objek secara berkelompok dan menjelaskannya secara rinci dengan tepat.


 Tentukan total jam pelajaran yang dibutuhkan pada setiap tujuan pembelajaran yang sudah dibuat pada tabel di bawah ini

NO

Rumusan Tujuan Pembelajaran

Jam Pelajaran

1

Siswa mampu menentukan dengan teliti panjang sisi sebuah segitiga siku-siku dan besar sudut salah satu segitiga siku-siku secara mandiri dengan benar

8

2

Siswa mampu menentukan dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku jika satu nilai perbandingan trigonometri yang lainnya diketahui secara mandiri dengan benar

8

3

Siswa mampu menghitung dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa secara mandiri dengan  benar

8

4

Siswa mampu merancang solusi untuk menghitung ketinggian suatu objek secara berkelompok dan menjelaskannya secara rinci dengan tepat

8

Total Jam Pelajaran

32

 

 #Febuari ceria PGRI

# PGRI semakin jaya dan Abadi.

# Hari ke  dua puluh Tiga  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.