Inovasi Merdeka Belajar Dan Merdeka Mengajar.
Contoh atau Latihan Penyusunan Pembuatan ATP
Contoh matematika
smk x
PENYUSUNAN ATP
Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta memiliki keterampilan untuk membuat tujuan pembelajaran (TP)
sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) yang telah dipilih
Ø Peserta memiliki keterampilan untuk membuat alur tujuan pembelajaran
(ATP) sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) yang telah dipilih
Ø Peserta menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pengembangan CP
menjadi ATP
Petunjuk Penggunaan
PANDUAN
PENUGASAN AWAL
BIMTEK
PENGUATAN KONSEP DIFERENSIASI PEMBELAJARAN
Tuliskan
Fase CP yang ingin dipilih
FASE E
Tuliskan
Elemen CP yang ingin dipilih
Geometri
Tuliskan
CP yang ingin dipilih untuk diturunkan menjadi ATP.
Di akhir fase E, peserta didik dapat menentukan perbandingan
trigonometri dan memecahkan masalah
yang melibatkan segitiga
siku-siku.
Tuliskan
kompetensi-kompetensi yang terdapat dalam capaian pembelajaran yang telah
dipilih
- Menentukan
- Memecahkan masalah
Tuliskan
lingkup materi yang terdapat dalam capaian pembelajaran yang telah dipilih
- Perbandingan Trigonometri
- Nilai Perbandingan Trigonometri Untuk Sudut-sudut Istimewa
- Rumus Perbandingan Trigonometri Sudut Berelasi
Pilihlah
satu taksonomi di bawah ini yang akan digunakan yang sesuai dengan capaian
pembelajaran yang telah dipilih
- Taksonomi Anderson dan Krathwohl
- Taksonomi Tighe & Wiggins
- Taksonomi Marzano
Berikan
alasan mengapa memilih taksnomi tersebut
Alasan memilih taksonomi dan krathwohl
karena diharapkan peserta didik dapat mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan pemahaman materi sesuai dengan yang
mereka pahami dengan bahasanya sendiri.
Pilihlah
satu metode pengurutan di bawah ini yang akan digunakan sesuai dengan capaian
pembelajaran yang telah dipilih
- Pengurutan dari konkret ke abstrak
- Pengurutan deduktif
- Pengurutan dari mudah ke sulit
- Pengurutan hierarki
- Pengurutan prosedural
- Scaffolding
Berikan
alasan mengapa menggunakan metode pengurutan tersebut
Menggunakan
metode Pengurutan
dari konkret ke abstrak karena peserta didik setelah memahami konsep
materi trionometri dapat menerapakan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Tuliskan
tujuan pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang dipilih dengan
memperhatikan urutan sesuai dengan metode pengurutan yang sudah diberikan
1. Siswa mampu menentukan dengan teliti panjang sisi sebuah segitiga
siku-siku dan besar sudut salah satu segitiga
siku-siku secara mandiri
dengan benar
2. Siswa mampu menentukan dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku jika
satu nilai perbandingan trigonometri
yang lainnya diketahui secara mandiri dengan
benar
3. Siswa mampu menghitung dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa
secara mandiri dengan benar
4. Siswa mampu merancang
solusi untuk menghitung ketinggian suatu objek secara berkelompok dan menjelaskannya secara
rinci dengan tepat.
NO |
Rumusan Tujuan Pembelajaran |
Jam Pelajaran |
1 |
Siswa mampu menentukan dengan teliti panjang sisi sebuah segitiga siku-siku dan besar
sudut salah satu
segitiga siku-siku secara
mandiri dengan benar |
8 |
2 |
Siswa mampu menentukan dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
jika satu nilai perbandingan trigonometri
yang lainnya diketahui secara mandiri dengan
benar |
8 |
3 |
Siswa mampu menghitung dengan teliti nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa
secara mandiri dengan benar |
8 |
4 |
Siswa mampu merancang solusi untuk menghitung ketinggian suatu objek secara berkelompok dan menjelaskannya secara
rinci dengan tepat |
8 |
Total
Jam Pelajaran |
32 |
# PGRI semakin jaya dan Abadi.
# Hari ke dua puluh Tiga
Komentar
Posting Komentar