Inovasi Merdeka belajar dan merdeka mengajar

  Sub judul :  FASE  E 

  Hari ke 14 .febuari ceria.

 Rusmana ST MM MSi

Pada akhir fase E, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas; serta memahami makna dan nilai dari keragaman; dan mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung; serta mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri.

Contoh  ;  Bidang Studi: PPKn

Pada akhir fase E peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh

keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap  pembentukan identitas; serta memahami makna dan nilai dari keragaman; dan mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung; serta mengkaji makna dan  manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri.

Tujuan Pembelajaran:

 

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh keanggotaan di berbagai level (lokal - global) terhadap pembentukan identitas

2.    Peserta didik mampu mengevaluasi pembentukan

identitas suatu negara

3.    Peserta didik mampu menyampaikan hasil evaluasinya

dalam bentuk presentasi dengan data yang relevan

                KONTEN: pengaruh keanggotaan terhadap pembentukan identitas

                KOMPETENSI ;

                                          1.Mewngindenfikasi

                                          2.Memahami dan mengkaji makna

                                          3.Memahami nilai  manfaat.

K KO Alur pembelajaran dari pengembangan TP :

 

1.     peserta didik melakukan studi literatur pada keanggotaan di berbagai level

2.     peserta didik mengidentifikasi karakteristik keanggotaan di setiap level

3.     peserta didik mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi pembentukan sebuah identitas

4.     peserta didik menganalisis dan mengevaluasi kaitan antara karakteristik keanggotaan dengan proses pembentukan sebuah identitas

dst

                     
                      Mengenali Karakteristik CP

Bersama kelompok sebelumnya, Bapak/Ibu akan mendiskusikan dan mencoba menemukan karakteristik CP dari suatu Bidang Studi (BS). Ada 5 BS yang akan dianalisis: Bahasa Indonesia, IPAS, Matematika, PPKn, Seni / Informatika. Sila melakukan langkah-langkah berikut:

1.                                          Unduh dokumen CP pada LMS.

2.       Setiap kelompok membaca dan menganalisis kalimat CP dari 2 BS (pembagian BS di slide berikutnya)

3.       Identifikasi sebanyak mungkin kekhususan atau karakteristik dari CP setiap BS yang kelompok Bapak/Ibu cermati

4.                                           Unduh LK untuk menuangkan hasil diskusi kelompok.


#Febuari ceria PGRI

# PGRI semakin jaya dan Abadi.

# Hari ke Empat belas








Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.