Inovasi Merdeka belajar dan merdeka mengajar
Sub judul : FASE E
Hari ke 14 .febuari ceria.
Rusmana ST MM MSi
Pada akhir fase E,
peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal,
regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas; serta memahami makna
dan nilai dari keragaman; dan
mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam
dunia yang saling terhubung; serta mengkaji makna dan manfaat hidup dalam
kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri.
Contoh ; Bidang Studi: PPKn
Pada akhir fase E peserta
didik dapat mengidentifikasi pengaruh
keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap
pembentukan identitas; serta memahami makna dan nilai dari keragaman;
dan mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran
budaya dan kolaborasi dalam
dunia yang saling terhubung; serta mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal,
dan memilih produk dalam negeri.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Peserta didik mampu
mengidentifikasi pengaruh keanggotaan di berbagai
level (lokal - global) terhadap pembentukan identitas
2. Peserta didik mampu mengevaluasi pembentukan
identitas
suatu negara
3. Peserta didik
mampu menyampaikan hasil
evaluasinya
dalam bentuk presentasi dengan data yang relevan
KONTEN: pengaruh keanggotaan
terhadap pembentukan identitas
KOMPETENSI ;
1.Mewngindenfikasi
2.Memahami dan mengkaji makna
3.Memahami nilai manfaat.
K KO Alur pembelajaran dari pengembangan TP :
1. peserta didik melakukan studi literatur pada keanggotaan di berbagai level
2. peserta didik mengidentifikasi karakteristik keanggotaan di setiap level
3. peserta didik
mengidentifikasi hal-hal yang
memengaruhi pembentukan sebuah identitas
4. peserta
didik menganalisis dan mengevaluasi kaitan antara karakteristik keanggotaan dengan proses pembentukan sebuah identitas
dst
Mengenali Karakteristik CP
Bersama
kelompok sebelumnya, Bapak/Ibu akan mendiskusikan dan mencoba menemukan
karakteristik CP dari suatu Bidang Studi (BS). Ada 5 BS yang akan dianalisis: Bahasa Indonesia,
IPAS, Matematika, PPKn, Seni /
Informatika. Sila melakukan langkah-langkah berikut:
1. Unduh dokumen CP pada LMS.
2.
Setiap kelompok
membaca dan menganalisis
kalimat CP dari 2 BS (pembagian BS di slide berikutnya)
3.
Identifikasi sebanyak mungkin kekhususan atau karakteristik dari CP setiap BS yang kelompok Bapak/Ibu cermati
4. Unduh LK untuk menuangkan hasil diskusi kelompok.
#Febuari ceria PGRI
# PGRI semakin jaya dan Abadi.
# Hari ke Empat belas
Komentar
Posting Komentar