Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.
Membuat Materi atau Buku bahan ajar.
Hari ke 16 febuari ceria.
Rusmana ST MM MSi
Materi
ajar adalah segala bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru/instruktor
dalammelaksanakan kegiatan belajar mengajar. Materi yang dimaksud bisa berupa
materi tertulis, maupunmateri tidak tertulis. Materi ajar disusun secara
sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensiyang akan dikuasai siswa
dalam kegiatan pembelajaran.Isi materi ajar pada hakikatnya merupakanilmu
pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu dipelajari siswa agar memiliki
komptensiyang diharapkan. Dengan materi ajar memungkinkan siswa dapat
mempelajari suatu kompetensiatau kompetensi dasar secara runtut dan sistematis,
sehingga secara akumulatif mampu menguasaisemua kompetensi secara utuh dan
terpadu. Materi ajar merupakan informasi, alat, dan teks yang diperlukan guru
untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
Selain untuk
mengenal lebih mendalam mata pelajaran yang diajarkan, memahami CP juga dapat memantik ide-ide
pengembangan rancangan pembelajaran. Berikut
ini adalah beberapa
pertanyaan yang dapat digunakan untuk memantik ide:
■
Bagaimana capaian dalam fase ini akan dicapai peserta didik?
■
Proses atau kegiatan pembelajaran seperti apa yang akan ditempuh
peserta didik untuk mencapai
CP?
■
Alternatif cara belajar apa saja yang dapat dilakukan
peserta didik untuk mencapai CP?
■
Materi apa saja yang akan dipelajari? Seberapa luas? Seberapa
dalam?
■
Bagaimana menilai ketercapaian CP setiap fase?
1. Pelajari CP bersama pendidik
lain dalam suatu komunitas belajar.
Melalui proses diskusi, bertukar pikiran, mengecek
pemahaman, serta berbagai
ide, pendidik
dapat
belajar dan mengembangkan kompetensinya lebih efektif, termasuk dalam upaya memahami CP.
2.
Dalam lampiran Ketetapan Menteri mengenai Kurikulum
Merdeka dinyatakan bahwa pendidik tidak wajib membuat alur tujuan pembelajaran, salah satunya adalah
karena penyusunan alur tersebut membutuhkan pemahaman yang mendalam
tentang CP dan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dapat berangsur-angsur meningkatkan kapasitasnya untuk terus
belajar memahami CP hingga kelak dapat merancang alur tujuan pembelajaran mereka sendiri.
#Febuari ceria PGRI
# PGRI semakin jaya dan Abadi.
# Hari ke Enam belas
Komentar
Posting Komentar