inovasi Merdeka Belajar Dan Merdeka Mengajar.

Sub Pembuatan lanjutan Contoh Pembuatan 
Modul febuari ceria PGRI ke 21 
 Rusmana ST MM M.Si 

 Materi Dasar-Dasar Otomotif X Capaian Umum Pada akhir fase E peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Capaian per Elemen Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal. Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta menganalisis isu-isu global terkait dunia otomotif, antara lain penerapan elektronik di otomotif, mobil listrik, kendaraan dengan kendali jarak jauh dan sejenisnya. Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan di bidang otomotif (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif, untuk membangun vision dan passion, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan. Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri Pada akhir fase E peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktikpraktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, penerapan budaya kerja industri, seperti 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), dan etika kerja. Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. Pada akhir fase E peserta didik peserta didik mampu memahami teknik dasar bidang otomotif melalui pengenalan dan praktik singkat penggunaan alat ukur, pemeliharaan, perbaikan, pembentukan body kendaraan, perakitan, serta pengenalan alat berat, dump-truck, dan sejenisnya. Gambar teknik Pada akhir fase E peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk pengenalan macam-macam peralatan gambar, standarisasi dalam pembuatan gambar, serta praktik menggambar dan membaca gambar teknik, dan menentukan letak dan posisi komponen otomotif berdasarkan gambar buku manual. Peralatan dan perlengkapan tempat kerja Pada akhir fase E peserta didik mampu menggunakan peralatan dan perlengkapan kerja, antara lain persiapan, kalibrasi, dan penggunaan peralatan dan perlengkapan sesuai jenis, fungsi dan manual perbaikan. Pemeliharaan komponen otomotif Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja komponen utama engine (pada proses kerja motor 2 langkah dan 4 langkah), komponen pemindah tenaga, komponen casis, komponen tambahan dan komponen perlengkapan lainya, mengidentifikasi struktur, fungsi dan lokasi komponen otomotif, menerapkan persiapan form pemeriksaan sesuai manual perbaikan, penggunaan tools dan SST di tempat kerja, menerapkan pemeriksaan komponen dengan alat sesuai dengan manual perbaikan serta menyimpan hasil pemeriksaan. Dasar elektronika otomotif Pada akhir fase E peserta didik mampu membuat rangkaian elektronika dasar, termasuk pemahaman fungsi dan cara kerja komponen-komponen elektronika dasar, perakitan, diagnosa gangguan, perawatan komponen-komponen elektronika, serta pematrian komponen sesuai prosedur manual perbaikan, pemeriksaan hasil pematrian secara visual, dan pengujian fungsi komponen hasil pematrian. Dasar sistem hidrolik dan pneumatik Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami prinsip dasar sistem hidrolik dan pneumatik, termasuk fungsi dan cara kerja komponen sistem hidrolik dan pneumatik, perawatan dan pengujian komponen sistem hidrolik dan pneumatik. Modul ajar Dasar-dasar Teknik Otomotif Fase E Kelas 10 SMK Kurikulum Merdeka Modul ajar Teknik Otomotif merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dari Dasar-dasar Teknik Otomotif dan disusun sesuai dengan fase E atau tahap perkembangan murid Kelas 10 SMK. Anda bisa melihat Alur tujuan Pembelajaran (ATP) Dasar-dasar Teknik Otomotif sebelum menyusun modul ajar. Pada akhir fase E peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Berikut ini contoh modul ajar Teknik Otomotif yang bisa Anda lengkapi sendiri berserta contohnya. Anda bisa mengedit sesuai kebutuhan pembelajaran. ________________________________________
 MODUL AJAR DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF 
1. Identitas Modul 
1. Nama Penyusun : 
2. Satuan Pendidikan : SMK Nusantara Blitar 
3. Fase : E 
4. Kelas : 10 SMK 
5. Alokasi Waktu : 24 x 45 Menit 
6. Jumlah Pertemuan : 6 pertemuan 
7. Elemen : Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh 
8. Jumlah Peserta Didik : 36 
9. Moda : Blended (Daring/Tatap Muka)

 2. Profil Pelajar Pancasila Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif 
3. Tujuan Pembelajaran Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal. 
4. Sarana Prasarana Buku Paket, Modul, PC/Laptop, Infokus, Internet dan Lainnya 
5. Karakteristik Peserta Didik Peserta didik reguler/tipikal (tanpa ketunaan dan kesulitan belajar atau berpencapaian tinggi)
 6. Materi Ajar 
7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Download Modul Ajar 
SMK Lengkap MODUL AJAR DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF 
1. Identitas Modul
 1. Nama Penyusun : 
 2. Satuan Pendidikan : SMK Nusantara Blitar 
3. Fase : E
 4. Kelas : 10 SMK 
5. Alokasi Waktu : 24 x 45 Menit 
6. Jumlah Pertemuan : 6 pertemuan 
7. Elemen : Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global 
8. Jumlah Peserta Didik : 36 
9. Moda : Blended (Daring/Tatap Muka) 
2. Profil Pelajar Pancasila Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif 
3. Tujuan Pembelajaran Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta menganalisis isu-isu global terkait dunia otomotif, antara lain penerapan elektronik di otomotif, mobil listrik, kendaraan dengan kendali jarak jauh dan sejenisnya. 
4. Sarana Prasarana Buku Paket, Modul, PC/Laptop, Infokus, Internet dan Lainnya 
5. Karakteristik Peserta Didik Peserta didik reguler/tipikal (tanpa ketunaan dan kesulitan belajar atau berpencapaian tinggi)
 6. Materi Ajar
 7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
 # PGRI JAYA SELAMNYA 
# KE 20. # Rusmana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.