INOVASI mERDEKA BELAJAR DAN MERDEKA MENGAJAR.

 menyusun ,melanjutkan  buku solo dan merapihkan Bab 2. tambahannya.

 Modul febuari ceria PGRI ke 26

 Rusmana ST MM M.Si 

2.4. MUATAN LOKAL

       permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. Dimensi Profil Pelajar Pancasila (Sumber: Buku Panduan P5 Kemdikbudristek)

Profil Pelajar Pancasila yang merupakan profil murid yang ditamatkan oleh satuan pendidikan sesuai amanah yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek melalui penerapan Kurikulum Merdeka. Saat ini satuan pendidikan telah melakukan implementasi P5 dalam beberapa bentuk kegiatan dalam mewujudkan hal tersebut. Tentunya implementasi ini sangat penting untuk dapat didorong dan diperkaya oleh pemerintah setempat, dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi. Dalam Aktualisasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), kebijakan yang dapat diambil adalah mendorong terwujudnya Keterlibatan Seluruh Pemangku Kepentingan (Sekolah-Keluarga-Masyarakat). Pada konsep pelibatan 3 Pilar (Sekolah-Keluarga dan Masyarakat)  difokuskan pada kerjasama untuk mewujudkan program bersama sesuai dengan peran masing-masing.

Sehubungan dengan hal tesebut, ada beberapa poin yang saya paparkan sebagai sebuah pemikiran dalam pengembangan implementasi P5 di masing-masing satuan pendidikan.

Tabel 2.1 Profil pelajar Pancasila.

2.5. MODUL.

      Apa yang dimaksud dengan Modul Ajar?

Modul Ajar merupakan salah satu perangkat ajar yang digunakan untuk merencanakan pembelajaran. Modul ajar sama seperti RPP, namun modul ajar memiliki komponen yang lebih lengkap. Modul ajar adalah sebuah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Komponen Modul Ajar

o Fase capaian modul ajar

o Jumlah jam pelajaran

o Model belajar

o Tujuan Pembelajaran

o Dimensi Pancasila

o Pengetahuan/Keterampilan 

Prasayarat

 

KOMPONEN DETAIL MODUL AJAR PER PERTEMUAN 

o Bahan ajar

o Pemahaman Bermakna

o Pertanyaan pemantik

o Indikator keberhasilan

o Asesmen

o Sarana dan prasarana

o Rencana kegiatan

LAMPIRAN

o  Lembar aktivitas

o  Rubrik penilaian

o  Bahan ajar lain yang

relevan

 Struktur modul ajar tersebut bukan struktur wajib yang semuanya harus dilampirkan dalam modul ajar  yang dibuat/dimodifikasi. Guru diperbolehkan untuk memilih/menyederhanakan beberapa komponen utama untuk dicantumakan dalam modul ajar sesuai dengan kebutuhan di kelas masing-masing

       Komponen Modul Ajar Wajib

Alur tujuan pembelajaran menjadi dasar bagi pendidik untuk menyusun perencanaan pembelajaran atau modul ajar. Pendidik memiliki keleluasaan untuk mengembangkan modul ajar sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

 Secara umum modul ajar memiliki tiga komponen utama yaitu:

1.   Tujuan Pembelajaran

2.   Langkah-langkah Pembelajaran atau Kegiatan Pembelajaran

3.   Asesmen Pembelajaran.

 Pendidik diperbolehkan apabila ingin mengembangkan modul ajar dengan komponen-komponen tambahan di luar komponen wajib.

Acuan Teknik Modifikasi Modul Ajar

1.                  Menetapkan tujuan belajar berdasarkan CP dan ATP sesuai karakteristik murid, kurikulum; dan profil pelajar Pancasila.

2.                  Menyusun desain pembelajaran; melaksanakan; dan merefleksikan kegiatan pembelajaran yang efektif.

3.                  Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistic.

4.                  Pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra

5.                  Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan



#Febuari ceria PGRI

# PGRI semakin jaya dan Abadi.

# Hari ke  dua puluh enam  




 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.