Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.

 Sub judul .Muatan Lokal

hari ke 6 ,Febuari Ceria 

oleh ; Rusmana ST MM M.Si 

 cara mengevaluasi keberhasilan implementasi muatan lokal dalam kurikulum merdeka?

Dalam proses evaluasi keberhasilan implementasi muatan lokal dalam kurikulum merdeka, terdapat 3 cara, yaitu:

  1. Evaluasi Program Pelaksanaan Muatan Lokal
    Evaluasi program muatan lokal yang pertama tentunya dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang menerapkan mata pelajaran mulok. Dengan fokus pada jenis, bentuk penyelenggaraan, sumber daya, daya dukung, pembiayaan, pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru. 
    Evaluasi satuan pendidikan ini juga dapat dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Tim Pengembang Kurikulum sekolah. Hal tersebut dilakukan secara berkelanjutan sebagai evaluasi formatif, maupun sebagai evaluasi sumatif pada setiap kurun waktu tertentu, misalnya 3 (tiga) tahun pada akhir program.
    Evaluasi formatif yang dilakukan satuan pendidikan dilakukan dalam rangka menemukan kekurangan dalam berbagai hal untuk dilakukan perbaikan. Sementara evaluasi sumatif, dilakukan dalam rangka menentukan keberhasilan dari program muatan lokal.
    Program muatan lokal yang telah dipilih oleh sekolah pun dapat dihentikan jika program tersebut tidak/belum berhasil, atau dapat juga dilanjutkan jika memiliki nilai yang positif atau berhasil. Hasil penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan kemudian dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

      2.    Evaluasi Program Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Di tahap ke-2, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota kemudian akan melakukan evaluasi program berdasarkan laporan satuan pendidikan, atau secara tersendiri dengan membentuk Tim khusus untuk menilai dalam rangka memperbaiki proses dan menentukan keberhasilan program. Bahkan bisa juga gabungan dari keduanya.
Evaluasi dalam rangka memperbaiki proses belajar muatan lokal dapat dilakukan rutin setiap tahun, sementara evaluasi untuk menentukan keberhasilan program dapat dilakukan pada periode tertentu, yaitu diakhir program muatan lokal (misalnya tiga tahun terakhir dengan memperhatikan keberlangsungan mata pelajaran muatan lokal pada kelas VII, VIII, dan IX).
Evaluasi yang dilakukan atas laporan satuan pendidikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tersebut akan menghasilkan pemetaan, dan generalisasi atas kendala-kendala dan keberhasilan program pembelajaran muatan lokal. Berdasarkan data tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pun dapat melanjutkan atau menghentikan program muatan lokal dan melaporkannya ke Dinas Pendidikan Provinsi.

3.                  Evaluasi Program Dinas Pendidikan Provinsi
Tahap ke-3 atau langkah terakhir, yaitu Dinas Pendidikan Provinsi dapat membentuk Tim Evaluasi Muatan Lokal yang kemudian diselenggarakan oleh satuan-satuan pendidikan, dan tentunya tim tersebut berada dalam koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Tim evaluasi dapat memanfaatkan data sekunder atas laporan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau mengumpulkan data secara langsung. Hasil evaluasi inilah yang digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penetapan program muatan lokal pada periode berikutnya. 

 langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan muatan lokal dalam kurikulum merdeka?

Dalam Permendikbud Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013, adapun langkah-langkah mengembangkan muatan lokal dalam kurikulum merdeka dikembangkan dengan tahapan:

  1. Analisis konteks lingkungan alam, sosial, dan/atau budaya;
  2. Identifikasi muatan lokal;
  3. Perumusan kompetensi dasar untuk setiap jenis materi muatan lokal;
  4. Penentuan tingkat satuan pendidikan yang sesuai untuk setiap kompetensi dasar muatan lokal;
  5. Pengintegrasian kompetensi dasar muatan lokal ke dalam pembelajaran yang relevan;
  6. Penetapan muatan lokal menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri;
  7. Penyusunan silabus; dan
  8. Penyusunan buku teks pelajaran.

Bapak/Ibu Guru, itulah penjelasan singkat mengenai mata pelajaran mulok kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat.

#  Februari Ceria PGRI

  # PGRI  SEMAKIN JAYA DAN ABADI

  # HARI KE ENAM 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.