Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.
Sub judul
TRIK PEMBUATAN CP ( CAPIAN PEMBELAJARAN ) PADA KURIKULUM MERDEKA
hari ke 8 ,Febuari Ceria
oleh ; Rusmana ST MM M.Si
Memahami CP adalah langkah pertama
dalam perencanaan pembelajaran dan
asesmen (lihat Gambar gambar di atas ) yang diambil dari Panduan Pembelajaran dan Asesmen). Untuk dapat merancang pembelajaran dan asesmen
mata pelajaran ( yang bapak ,ibu
ampuh )dengan baik, CP mata pelajaran perlu dipahami secara utuh, termasuk
rasional mata pelajaran, tujuan, serta karakteristik dari mata pelajaran
yang di ampuh .
ini dirancang
untuk membantu pendidik
pengampu
mata pelajaran yang diampuh ,
CP mata pelajaran ini. Untuk itu, dokumen ini dilengkapi dengan beberapa penjelasan dan panduan untuk berpikir reflektif
setelah membaca setiap bagian dari CP mata pelajaran sesuai yang kita
ampuh.
Untuk dapat memahami CP, pendidik perlu membaca dokumen
CP secara utuh mulai dari rasional, tujuan,
karakteristik mata pelajaran, hingga capaian
per fase.
Mata pelajaran ini berfungsi untuk menumbuh kembangkan keprofesionalan
dalam bidangnya
, dan pembelajarannya dapat dilakukan
dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari.
Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, dan memotivasi peserta didik, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana,
dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning. Model pembelajaran
yang dapat digunakan antara lain project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory,
atau model pembelajaran lainnya yang relevan.
Mata pelajaran ini juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi
(hard skills), softskills dan karakter peserta didik pada bidang pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor
sehingga menjadi warga yang beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis,
dan kreatif.
A.
Rasional
Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan terdiri dari berbagai pengetahuan
dan keterampilan meliputi: prosedur penggunaan kendaraan ringan, perawatan
kendaraan ringan, sistem engine, sistem pemindah tenaga, sistem sasis, sistem
elektrikal, beserta perlengkapan otomotif lain yang disesuaikan dengan
perkembangan teknologi pada Teknik Kendaraan Ringan, sehingga peserta didik
memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Mata pelajaran
Teknik Kendaraan Ringan berada pada fase F merupakan pelajaran lanjutan dari
mata pelajaran sebelumnya yaitu Dasar-dasar Otomotif, dimana mata pelajaran ini
mempelajari berbagai teknologi dari berbagai jenis alat transportasi, alat
angkut, alat angkat dan peralatan pendukung lainnya pada Teknik Kendaraan
Ringan. Pembelajaran dapat menggunakan berbagai model pembelajaran seperti
problem-based learning, project-based learning, discovery learning atau inquiry
learning atau menggunakan model pembelajaran yang relevan, serta menggunakan
berbagai metode pembelajaran antara lain: ceramah, tanya jawab, diskusi,
observasi, demonstrasi atau praktik langsung berdasarkan tujuan pembelajaran
dan karakteristik kompetensi keahlian. Agar peserta didik mengenal dunia yang
berkaitan dengan peserta didik dikenalkan dengan jenis-jenis industri dan dunia
kerja atau dunia usaha, berinteraksi dengan alumni, guru tamu dari industri
atau praktisi bidang otomotif. Pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan senantiasa
membiasakan peserta didik untuk dapat bernalar kritis dalam menghadapi
permasalahan, disiplin dalam bekerja, mandiri, kreatif dan inovatif dalam
menemukan solusi permasalahan, berkolaborasi dalam tim, mengkomunikasikan ide
dan gagasan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan peduli
terhadap lingkungannya.
B.Tujuan Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan soft skills meliputi: karakter, teamwork, budaya kerja industri, komunikasi di tempat kerja dan hard skills seperti: Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH), pengetahuan, keterampilan yang disesuaikan dengan Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Tujuan Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan antara lain adalah sebagai berikut:
DAPTAR PUSTAKA / REFFENSI
BADAN STANDAR,
KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
REPUBLIK INDONESIA
2022.
Komentar
Posting Komentar