Straregis sebagai wali kelas x tkr1 pada masa covid 19

 

“Strategi sebagai wali kelas X TKR1 pada masa covid 19 “

Penulis ; Rusmana ST MM M.Si

 Isi Tulisan

- Pendahuluan

- Permasalahan Sebagai wali kelas masa  pademi covid 19

- Dampak terhadap prestasi Siswa .

- Stategi atau perndekatan yang sedang dan dilakukan

- Hasil Pembelajaran

 -Pesan dan pelajaran

 - Hasil Tulisan

Profil Singkat

Rusmana ,Lahir 03-mei-1964 di Jakarta (Suku Sunda )  mengajar  DI SMKN 5 JAKARTA Mengampuh teori dan praktek PDTO (Pengetahuan dasar tehnik Otomotif  kelas XTKR1 & X TKR 2 ).

Jurusan Teknik kendaraan ringan .Teknik Otomotif.

PENDAHULUAN

sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing. Setelah munculnya wabah Covid-19 di belahan bumi,

 Dalam pemikiran sy untuk melakukan tugas wali kelas pada musim pjj sulit untuk memantau siswa dalam hal kegiatan proses pembejaran mengajar dimasa pademi covid 19

Namun Setiap institusi pun dituntut untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif ini. Sayangnya, tak semua institusi pendidikan rupanya paham betul mengenai inovasi terbaru yang harus dipakai untuk melakukan pembelajaran selama pandemi. Kebanyakan dari mereka masih belum bisa menyesuaikannya karena terkendala sarana dan prasarana.

Untuk jalannya proses pembejaran di masa pademi covid 19 berinisatif membentuk  WA ( washp ) kelas dan WA ( washp )  orang tua siswa perwalian x TKR 1 ,agar proses belajar mengajar lebih baik sesuai yang di inginkan sy sebagai wali kelas dan orang tua siswa perwalian sy.

A.Permasalahan sebagai wali kelas dimasa pademi covid 19

    Saya Guru SMKN Teknik Teknologi & Rekayasa , jurusan TKR & TMPO di Jakarta ,Tentu dengan adanya Pademik Covid 19 tentu banyak permasalah yang timbul ,karena hal yang betul -betul terjadi dibelahan dunia ini, Permasalah yang timbul dalam proses pembelajaran  ini,yang biasanya dilakukan proses pembelajaran di lab ,  atau dibengkel yang ada peralatan  yang sesuai dengan materi PDTO (Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif ) adalah Dasar  mata pelajaran yang betul - betul harus dikuasai oleh calon para mekanik otomotif. Saya GuruTeori dan Praktek  mengajar di kelas X TKR 1,X TKR2 dan akan tetapi sy sangat pokus dan mendapatkan pelajaran berharga di tahun ajaran 2020/2021 yang mana pada kelas X TKR 1 berjumlah siswa 36 siswa ,terdapat 3 siswa yang bermasa di ketiga pelaiaran ptoduktif yang harus ketiga nilai pelajran 1.Gambart Teknik otomotif 2,Dasar Teknik Otomoti dan 3..Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif KKM adalah nilai 80.dalam proses pembelajaran sy sebagai wali kelas pertemua pertama untuk perkenalann ,tentu sy yaitu materi PDTO pjj dengan  pembelajar melaui JEETSI ada  3 siswa tidak ikut belajar yang berinisial AY.MD dan MJ pertemuan pertama,dengan sy sebagai wali kelas ,Begitu juga sy dapat laporan dari teman guru Menggambar Teknik dan DTO  bahwa nama 3 siswa ini pun tidak ikut belajar dengan 2 rekan guru pelajaran Produktif .

B.Dampak terhadap prestasi Siswa .

    Akibat Sekolah Darling dimasa pademik Covid 19 yang terlalu lama dan saya  berdoa agar cepat Kembali dengan ke giatan proses belajar New normal . karena kalua  ini terlalu lama akan membuat semua terkena dampak yang seruis dan sangat berbahaya bagi kita semua terutama Perwalian Saya  X TKR 1 yaitu  AY ,MD dan MJ ini ,dari awala sampai 2 kali pertemuan pun absensi ,tidak mengerjakan  tugas dari saya  2 kali tidak pernah mengerjakan ,dan begitu juga dengan guru lainnya. Maka dampak pada prestasi siswa pun akan ada  kendala.

C. Stategi atau perndekatan yang sedang dan dilakukan

    Saya sebagai guru pengampuh dan wali kelas X TKR 1  yang harus betul -betul untuk ke 3 siswa ini  tidak ada yang  masuk kesekolah  ini.adapun yang sedang saya lakukan sekarang sebagai guru dan wali kelas X TKR 1 adalah ;

1.Kordinasi dan  3 orang tua siswa yang tidak mengikuti pelajaran Produktif.

2. Kordinasi wali dengan guru bidang studi tersebut.

3. Menggundang orang tua atau wali khusus  3 siswa yang tidak hadir dengan pelajaran sy dan rekan sy..

4.Kordinasi dengan guru BK

      Saya yakin  usaha yang dilakukan dan memberikan hasil yang  baik, sy sebagai guru dan kepala progam menjalankan hasil rapat kordinasi rapat ajaran baru 2020/2021 membuahkan hasil ke tiga siswa yang tidak hadir mendapatkan perhatian dari semua guru dan BK untuk bekerja sama membina siswa -siswa 3 tidak hadir  dan ada Perubahan pada siswa Bernama AY, MD ,sedangkan MJ yang masing proses untuk proses pembelajaran PDTO dan pelajaran lainnya.

      Sedangkan rapat pada siswa dengan orang tua atau wali khusus untuk jurusan Teknik Otomotif untuk memberitahukan pada anak -anak dari bapak atau ibu orang tua siswa agar anak-anak betul disiplin ,karena hal yang sangat penting adalah siswa -siswa suka membuli teman-teman sekelasnya dan hal ini pun pihak sekolah ataua guru tidak memberitahu tentang  3 anak  pada tiap kelas atau nama siswanya.

      Hal ini yang paling saya suka disini bisa melihat kerakter siswa waktu saya kasih semangat  dibengkel Otomotif ,tentu saya guru pelajaran teori dan praktek untuk memperkenalkan bengkel otomotif serts alat-alat yang akan di gunakan waktu praktek dan kerja di perusahaan .dalam hal mengundang Siswa dan orang tua atau siswa 3 tentu dengan protokol Kesehatan dalam masa pademik covid 19 hanya 3 siswa tersebut. Saya yakin suatu usaha akan mebuahkan hsil yang lebih baik siswa-siswa tadi tidak masuk ,tidak mengerjakan tugas serrta absen .

     Insalloh dengan persyaratan yang harus di penuhi pihak sekolah ,saya yakin  akan pemperbaiki karakter dan masalah dalam proses pembelajaran louring yang akan di jadualkan sesuai aturan yang akan di atur dengan pembagian siswa tiap pembelajarannya hanya 50 % siswa tiap pertemuan dalam pelajaran PDTO atau Praktek.

     Yang ini sangat penting untuk membantu ke 3  siswa-siswa  pada proses pembelajaran ini pendekatan dengan orang tua atau siswa  akan berjalan terus untuk menggali kondisi siswa-siswa dalam perkebangan atau proses pelajar dan mengajar.

D.Hasil Pembelajaran

    Hasil dari program yang sudah saya buat dan sesuai hasil proses pembelajatan diatas akan membuahkan hasil yang telah dicapai akan membuahkan hasil maksimal.dari kelas  X TKR 1 yang dilakukan ,maka 3 siswa tidak hadir dan tidak mengerjakan tugas yaitu Siswa AY , DM dan MJ,pada proses ZOOM atau JEETSI  ada perubahan yang dilakukan dan sudah baik mau angkat telpon dan ditanya hal-hal pelajaran PDTO bisa menjawab dan semangat untuk belajar pjj berakhir ,insalloh lauring pun mereka sudah mengharapkannya.

E. Pesan dan pelajaran

    Sekarang AY ,DM dan MJ ,mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan siswa-siswa yang lainnya dan belajar sesuai jadual yang sudah ketetapan sekolah dan kurikulum yang berlaku.

    Saya insalloh menyakini program ini bisa berjalan dan saya yakin akan AY ,MD dan MJ Siswa-siswa ini  ingin maju dan belajar sama -sama  dengan pendekatan atau program yang sudah dibuat ,asalkan siswa  ini  dalam  pendekatan semua pihak yang ada di lingkungan dan di sekolah.

F.Hasil Tulisan

Saya Guru SMKN Teknik Teknologi & Rekayasa , jurusan TKR & TMPO di Jakarta

Permasalah yang timbul dalam proses  ini,yang biasanya dilakukan proses pembelajaran di lab , atau dibengkel yang ada peralatan  yang sesuai dengan materi PDTO (Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif )

berbahaya bagi kita semua terutama Perwalian Saya  X TKR 1 yaitu  AY ,MD dan MJ ini ,dari awala sampai 2 kali pertemuan pun absensi ,tidak mengerjakan  tugas dari saya  2 kali tidak pernah mengerjakan ,dan begitu juga dengan guru lainnya. Maka dampak pada prestasi siswa pun akan ada  kendala.

Saya yakin  usaha yang dilakukan dan memberikan hasil yang  baik, sy sebagai guru dan kepala progam menjalankan hasil rapat kordinasi rapat ajaran baru 2020/2021 membuahkan hasil ke tiga siswa yang tidak hadir mendapatkan perhatian dari semua guru dan BK untuk bekerja sama membina siswa -siswa 3 tidak hadir  dan ada Perubahan pada siswa Bernama AY, MD ,sedangkan MJ yang masing proses untuk proses pembelajaran PDTO dan pelajaran lainnya.

Sekarang AY ,DM dan MJ ,mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan siswa-siswa yang lainnya dan belajar sesuai jadual yang sudah ketetapan sekolah dan kurikulum yang berlaku.

 

DAFTAR PUSTAKA

Isjoni. (2006). Pendidikan Sabagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor

            Indonesia.

Azzahra, N.F. (2020).  Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di

 

 

 

Komentar

  1. Peringatan Hari Guru setiap tanggal 25 November selalu memberikan pesan akan besarnya jasa para guru dan pentingnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Bahkan, sebagai pilar utama pendidikan, guru mempunyai peran strategis bagi kemajuan suatu bangsa, tak terkecuali para pendidik di daerah tertinggal.

    Guru tak hanya mendidik, tetapi juga membimbing dan memotivasi siswa selain mengajarkan ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan guru merupakan elemen penting dalam pendidikan.

    Bahkan, pentingnya peran dan tanggung jawab guru dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menyebutkan guru sebagai agen pembelajaran. Artinya, guru harus menjadi fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.

    Tanpa guru, bisa apa kita? Oleh karena itu, tak berlebihan apabila kita katakan jasa seorang guru tiada tara, guru bak pelita yang menjadi penerang dalam gulita. Mengingat tugasnya yang begitu berat, guru dituntut mempunyai kualitas dan kompetensi yang baik pula.

    Ayo daftar lomba blog ksgn terakhir hari ini. Tema lomba blog mengajar itu menyenangkan.

    Yuk daftar lombanya hari ini!

    https://forms.gle/btsuz8Dmf1RwqfoC9

    BalasHapus
  2. Terima kasih om Jay ,semoga sehat dan sukses selalu

    BalasHapus
  3. Wah ....pak Rusmana guru STM bonser yha. . Adik saya alumn situ .....saya pernah ngawas UN disitu pak .,...zaman dahulu kala.

    BalasHapus
  4. Iya ,betul ,di SMKN 5 jakarta dari tahun 2015 ,sebelumnya di puslat dikjur duren sawit ,samping rumah sakit duren sawit

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES TIDAK MELIHAT USIA

Kiat Pembelajaran Seumur hidup

Inovasi Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.