MSDKI ( Menulis sesuai dengan ke inginan )
Sabtu 02 -juli-2022
Hari ke 23 tantangan menulis tiap hari di blogger.
Proses menulis sesuai dengan ke inginan yang dilakukan akan menghasilkan
sejumlah data, dan data ini perlu diolah sebaik mungkin. Selanjutnya
dikembangkan sesuai dengan topik yang sudah dipilih tadi.
Data penelitian atau penulisan perlu disusun dan dirapikan dengan baik agar mudah untuk dibaca dan kemudian dituangkan ke dalam bentuk laporan tertulis, yakni buku hasil penelitian tadi atau di bab pengolahan data ini ;
4.1.5. MSDKI MATERI AJAR
Data hal yang demikian bisa bersumber dari sesuatu yang kita baca dan
kita catat, seumpama dari buku, majalah, surat kabar atau surfing di internet.
Atau bisa juga hasil dari menonton televisi atau film, mendengarkan
radio, mewawancarai seseorang dan lain sebagainya.
Kumpulkan semua data dalam satu tempat agar mudah mencarinya. Pastikan
bahwa data yang Kita miliki valid dan akurat, sehingga apa yang kita tulis
dapat dipertanggung jawabkan.
Menulis buku anak, terkadang juga membutuhkan referensi yang akurat.
Misalkan jenis-jenis belalang, atau jenis-jenis ikan paus, dan lain sebagainya.
Intinya, jangan sampai kita malas riset dan akhirnya justru memberikan
informasi yang salah kepada pembaca cilik kita.
Tak hanya mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat tetapi sebagai
dosen harus mampu menghasilkan karya berupa buku, terutama buku ajar. Buku ajar
dapat berasal dari hasil penelitian Dosen. Dengan sedikit perubahan tata letak
dan gaya bahasanya, maka hasil penelitian dapat diubah menjadi buku ajar yang
baik. Pada artikel kali ini duniadosen.com mengulas
tentang teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian.
Sebelum ke pembahasan teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian,
sebelumnya pahami dahulu macam buku ajar. Berdasarkan dari sumber materinya,
buku ajar dibedakan menjadi dua macam. Yaitu, buku ajar yang berasal dari hasil
penelitian dan buku ajar yang berasal dari kajian teoretis. Buku ajar dari
hasil penelitian disusun berdasarkan hasil penelitian, baik yang dilakukan
penulis sendiri atau penelitian yang dilakukan beberapa peneliti lain.
Pengembangan
Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
1.
Mencermati semua KD (Kompetensi Dasar) yang akan disusun ke dalam materi
ajar
2.
Menentukan KD yang materinya disusun berdasarkan konsep teoretis dan
materi ajar yang disusun berdasarkan hasil penelitian
3.
Jika KD belum ada pada silabus, perlu ditambah atau mengganti KD
tertentu (pembaharuan silabus)
4.
Menentukan materi ajar pada silabus yang bisa dikembangkan dari hasil
penelitian
5.
Mereduksi hasil penelitian menjadi buku ajar
6.
Mengubah bahasa laporan penelitian menjadi bahasa baku
7.
Menggabungkan materi yang berasal dari konsep teoretis dengan hasil
penelitian.
Mereduksi
Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
Untuk teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian sebaiknya,
penulis mereduksi terlebih dahulu laporan atau karya tulis hasil penelitiannya.
Reduksi artinya pengurangan dan pemotongan. Sehingga hasil penelitian tidak
bisa begitu saja dimasukkan dalam buku ajar, harus dilakukan reduksi dahulu
terhadap laporan penelitian untuk menjadi materi dalam buku ajar.
Dalam proses mereduksi laporan penelitian menjadi materi buku ajar
terdiri dari kegiatan menyeleksi, menyederhanakan, mengurangi, menyesuaikan
laporan penelitian untuk disesuaikan dengan kebutuhan materi ajar. Setelah itu,
barulah penulis bisa menerapkan teknik penulisan buku ajar dari hasil
penelitian.
# Salam Leterasi
# MSDKI (Menulis sesuai dengan ke inginan)
# Rusmana ST MM M.Si SMKN 5 Jakarta
Mantaaap tulis setiap harinya
BalasHapusBapak memang hebat..pingin saya mereduksinya Bapak🙏
BalasHapusLanjutkaan
BalasHapusMantap
BalasHapusSemangat.. untuk mnulis buku ajar.
BalasHapusWuih keren Bpk rusman
BalasHapusTerima kasih ilmunya. Guru dan dosen terus menulis dan riset dari banyak referensi. Mantap.
BalasHapusWaah ... Bsnyak belajar saya membaca tulisannya pak Rusmana ...
BalasHapus